Blusukan ke Pasar Kliwon, Ganjar Kagum dengan Kampung Batik Kauman Solo

Senin, 03 Oktober 2022 - 06:00 WIB
loading...
Blusukan ke Pasar Kliwon, Ganjar Kagum dengan Kampung Batik Kauman Solo
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengunjungi Kampung Batik Kauman di Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jateng. FOTO/dok.Istimewa
A A A
SURAKARTA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengunjungi Kampung Batik Kauman di Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jateng. Dalam kunjungannya, Ganjar terkesan dengan berbagai inovasi yang dipersembahkan di kampung batik tersebut.

Ganjar mengatakan, kampung ini menghadirkan 1.000 design batik lintas zaman yang bisa masyarakat temukan, mulai dari yang kuno hingga paling modern. Tak hanya itu, Ganjar menyebut para pengunjung juga bisa belajar membuat berbagai design batik.

"Ini adalah bagian tempat destinasi wisata yang sangat bagus. Tidak hanya orang membeli batik, tapi orang juga bisa belajar membatik. Ada pengalaman ya, ada workshop-nya di sini," kata Ganjar, Sabtu (1/10/2022).



Selain itu, kata Ganjar, masyarakat pun dapat memesan design batik yang sudah jarang ditemukan di pasaran. Menurut Ganjar, ini adalah salah satu value terbaik yang dimiliki kampung batik.

"Kalau orang ingin yang klasik-klasik itu mereka yang suka batik, itu bisa direproduksi dan bahkan banyak yang bisa pesan, kalau ada batik yang seperti itu kita buat lagi. Mungkin orang sudah tidak bisa mendapatkan lagi batik-batik seperti itu," imbuhnya.

Blusukan ke Pasar Kliwon, Ganjar Kagum dengan Kampung Batik Kauman Solo


Pada kesempatan tersebut, Ganjar juga sempat menengok kegiatan anak-anak yang sedang menghias kue dengan berbagai corak batik. Menurut Ganjar, kegiatan itu mengedukasi anak-anak agar semakin cinta terhadap produk asli dalam negeri.

"Kampungnya ini banyak sekali yang bisa inspiratif. Tidak hanya batik di kain, tapi juga corak batik di makanan. Anak-anak ternyata makin tahu apa itu batik dan bagaimana kemudian corak-corak itu diterapkan di berbagai media, termasuk di kue," katanya.

Ganjar berharap, inovasi Kampung Batik Kauman dapat terus dikembangkan. Dalam hal ini, Ganjar pun mendorong peran peran pemuda untuk terus memajukan destinasi wisata ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2420 seconds (0.1#10.140)