alexametrics

Pelni Jual KM Kerinci Rp26,5 Miliar

loading...
Pelni Jual KM Kerinci Rp26,5 Miliar
Pelni menjual satu armada kapal KM Kerinci senilai Rp26,5 miliar dengan kapasitas 2.000 penumpang. Foto: Istimewa
A+ A-
JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), menjual satu armada kapal KM Kerinci senilai Rp26,5 miliar dengan kapasitas 2.000 penumpang. Kapal tersebut dijual untuk mengurangi beban perawatan karena menganggur.

Direktur Utama PT Pelni Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan, selain KM Kerinci masih ada dua kapal dalam proses penjualan, yakni KM Ganda Dewata dan KM Caraka III/1.

"Ketiganya kami jual dengan harapan bisa mengurangi beban perawatan dengan nilai rata-rata per bulannya Rp1,5 miliar," ujarnya usai melantik sejumlah direksi di kantor PT Pelni, Rabu (17/9/2014).

Dia mengatakan, untuk KM Kerinci dibeli dari kalangan usaha luar negeri. Sementara sisanya KM Ganda Dewata dan KM Caraka III/1 masih dalam proses penawaran.

KM Kerinci merupakan KM terbesar dibanding dua kapal lainnya. "Itu kapal besar, dibanding KM Ganda Dewata jenis Ro-ro.

Sementara KM Caraka III/1 itu kapal barang. Penjualan itu setidaknya kita bisa melakukan penghematan dari sisi perawatan.

Sebab, kapal butuh perawatan hingga ratusan juta perbulannya. Misalnya, pengisian BBM butuh genset, air tawar dan sebagainya," ucap dia.

Hasil penjualan tersebut akan dikembangkan dengan menyasar pembelian kapal yang lebih kecil jenis Ro-ro dengan fokus angkutan di angkutan barang.

"Kita mau beli kapal yang lebih kecil, kapal Ro-ro yang mengangkut logistik. Sehingga ke depan, selain mengangkut penumpang juga akang mengangkut logistik. Namun, saat ini masih didominasi dari angkutan penumpang," ujarnya.
(dmd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak