SMGR Berencana Naikkan Harga Tahun Ini

Selasa, 23 September 2014 - 18:08 WIB
SMGR Berencana Naikkan Harga Tahun Ini
SMGR Berencana Naikkan Harga Tahun Ini
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) Dwi Soetjipto mengungkapkan, pihaknya berencana menaikkan harga semen tahun ini.

Rencana kenaikan itu disebabkan adanya kenaikan energi seperti listrik dan akan adanya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Namun, keputusan tersebut harus dipikirkan matang-matang dan dibicarakan dengan baik. Pasalnya, persaingan di industri pasar semen di Indonesia masih terbilang berat.

"Kalau ada tekanan cost ya inginnya kita ada kenaikan harga. Tapi kita semua tahu, persaingan masih agak berat. Jadi, apakah keinginan kita menaikkan itu akan bisa atau tidak tergantung pasar," katanya di gedung Sindo, Selasa (23/9/2014).

Paling penting, kata dia, perusahaan harus siap meningkatkan efisiensi. Di mana, peningkatan efisiensi tersebut agar dampak kenaikan cost tidak terlalu besar dan bisa ditekan.

Maka, Dwi menegaskan, tahun ini rata-rata akan ada kenaikan cost sekitar 8%-10%.

"Kalau cost dengan kenaikannya yang lain, tahun ini industri itu rata-rata ada kenaikannya di cost sekitar 8%-10 %. Nah, Semen Indonesia di bawah itu," tuturnya.

Menurutnya, Semen Indonesia beruntung karena ada usaha-usaha untuk mengefisiensi.

"Tapi untuk kenaikan harga jual, tidak serta merta bisa mengikuti itu. Karena di lapangan ada persaingan. Mungkin kalau di lapangan naik 3%-4% saya kira wajar. Tapi kembali lagi, belum tentu bisa terjadi, karena persaingan makin ketat," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5604 seconds (0.1#10.140)