Jadi Bantalan saat Krisis, Wapres Minta Inovasi Sektor Pertanian Diperkuat

Rabu, 05 Oktober 2022 - 22:06 WIB
loading...
Jadi Bantalan saat Krisis, Wapres Minta Inovasi Sektor Pertanian Diperkuat
Wapres Maruf Amin inovasi sektor pertanian perlu ditingkatkan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan sektor pertanian memegang andil besar dalam mewujudkan ketahanan pangan di tengah krisis ekonomi yang mulai melanda dunia.

Baca juga: Wapres Akan Cari Solusi Masalah Ekspor Sarang Walet ke China

“Ternyata ketika kita menghadapi pandemi dan menjelang krisis pangan, bantalannya adalah pertanian,” ujar Wapres usai meninjau Guler Farm Nature, di Desa Kandawati, Tangerang, Banten, Rabu sore (5/10/2022).

Menurutnya, negara Indonesia kaya akan komoditas. Yang diperlukan hanyalah cara untuk terus berinovasi agar hasil produksi pertanian dapat lebih melimpah.

“Di Papua Barat terdapat lebih dari 125 macam pisang. Itu di Papua Barat saja. Artinya, kita itu kaya sekali, tetapi kurang dikembangkan. Saya berharap terus dikembangkan. Jangan ada lahan yang tidur dan jangan ada tenaga yang nganggur,” tegas Wapres.

Menanggapi pernyataan Wapres. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo berjanji akan terus mengembangkan inovasi pertanian di seluruh daerah di Indonesia. “Wapres selalu perintahkan agar jangan cuma di tempat itu, di sekitarnya juga (dibangun). Kami siap,” ucap Mentan semangat.

Baca juga: Sejarah Hari Guru Sedunia yang Diperingati Setiap 5 Oktober

Di sisi lain, Mentan melaporkan, ketahanan pangan di Indonesia saat ini cukup baik dan telah diakui dunia. “Rice research international memberikan penghargaan kepada Presiden atas resiliensi dan sistem food security (keamanan pangan) di Indonesia,” ungkapnya.

(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1395 seconds (10.55#12.26)