Temui Wapres, Dubes Mesir Usul RI Bangun Pabrik Minyak Sawit di Terusan Suez

Kamis, 06 Oktober 2022 - 08:19 WIB
loading...
Temui Wapres, Dubes Mesir Usul RI Bangun Pabrik Minyak Sawit di Terusan Suez
Wapres Maruf Amin saat bertemu Dubes Republik Arab Mesir untuk Indonesia Ashraf Mohamed Moguib Sultan. Foto/MPI/Binti Mufarida
A A A
JAKARTA - Indonesia sebagai salah satu produsen minyak sawit terbesar di dunia membuat negara asing tertarik untuk menjalin kerja sama. Salah satunya Mesir yang mengusulkan agar Indonesia mendirikan pabrik minyak sawit di Kanal Terusan Suez.

Usulan itu disampaikan Duta Besar (Dubes) Republik Arab Mesir untuk Indonesia Ashraf Mohamed Moguib Sultan saat bertemu Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin di Kediaman Resmi Wapres di Jakarta, Rabu (5/10).

Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi mengungkapkan, usulan Dubes Mesir ini saat Wapres menginginkan agar Indonesia dan Mesir memperkuat kerjasama di bidang perdagangan terutama produk unggulan minyak sawit.

“Wapres juga menyatakan bagaimana agar kedua negara saling bekerja sama dalam perdagangan. Terutama, bahwa Indonesia mempunyai keunggulan-keunggulan produk yaitu minyak sawit supaya ada tarif impor yang lebih rendah, lebih murah dari pemerintah Mesir,” kata Masduki melalui keterangan video resminya, dikutip Kamis (6/10/2022).



Menurut Masduki, Dubes Mesir langsung merespons dan akan mengkoordinasikan hal ini dengan Menteri Perdagangan Mesir.

Namun, kata dia, Dubes Mesir juga mengusulkan agar pemerintah Indonesia dengan perwakilan dagangnya baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ataupun swasta bisa mendirikan pabrik minyak sawit di sekitar wilayah kanal Terusan Suez. Apalagi, Terusan Suez menjadi jalur perdagangan tersibuk di dunia.



“Tapi, ada usulan yang menarik dari Dubes Mesir agar Pemerintah Indonesia dengan perwakilan-perwakilan perdagangannya di pihak BUMN atau swasta bisa mendirikan pabrik minyak sawit di kanal terusan Suez dan ini direspon oleh Wapres untuk dikoordinasikan dengan pihak kementerian atau lembaga termasuk dengan menteri BUMN,” paparnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)