Sukses Kembangkan Inovasi, Pupuk Kaltim Borong Prestasi di Ajang AQPO 2022

Senin, 10 Oktober 2022 - 21:35 WIB
loading...
Sukses Kembangkan Inovasi, Pupuk Kaltim Borong Prestasi di Ajang AQPO 2022
PT Pupuk Kaltim terus meningkatkan budaya inovasi perusahaan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Enam tim inovasi PT Pupuk Kalimantan Timur ( Pupuk Kaltim ) menorehkan catatan gemilang. Mereka meraih prestasi terbaik di Asia Pacific Quality Organization (AQPO) International Conference ke-27 di Sri Lanka, pada 26-29 September 2022. Keenam tim itu adalah PKM Blade Circle, PKM Link, PKM 4-IR, PKM PKT Juara, dan PKM Honey Comb dengan predikat 4 Stars, serta PKM Banter dengan predikat 3 Stars.



Pupuk Kaltim merupakan salah satu dari 12 perusahaan perwakilan Indonesia yang berkompetisi dengan 57 tim dari berbagai negara di Asia Pasifik. Tiap tim mempresentasikan berbagai terobosan yang berhasil dicapai satu tahun terakhir, mulai dari efektivitas proses produksi, peningkatan performa perangkat pabrik, hingga jasa pelayanan dan perbaikan dengan nilai efisiensi yang terus meningkat.

PKM 4-IR, dengan penciptakan aplikasi pkt iSMart mengusung optimalisasi pengelolaan dan utilitisasi data operasional pabrik secara real time. PKM PKT Juara menggagas ide inovasi peningkatkan dan monitoring kinerja karyawan selama WFH melalui aplikasi PKT Juara.

Inovasi PKM Blade Circle dan PKM Banter masing meningkatkan efisiensi biaya dan maintenance dengan modifikasi metode perbaikan Blade Steam Turbine 101-BJ1T dengan cara direct welding serta melalui metode pengelasan dengan temper bead weld pada perbaikan Ammonia Converter R-0502.

Menangkap peluang bisnis baru, PKM Link menciptakan fasilitas dan aplikasi kalibrasi flowmeter dengan basis Mikrokontroller dan Software Lab View. Sedangkan di bidang pemberdayaan komunitas dan lingkungan sekitar, PKM Honey Comb melalui pemanfaatan kembali (reuse) air limbah domestik (grey water) dengan aplikasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kampung Aren dan Inkubator Bisnis Permata Bunda.

“Keberhasilan ini makin mengukuhkan Pupuk Kaltim sebagai salah satu industry leader Tanah Air, yang dinilai mampu meningkatkan performa perusahaan dengan mengedepankan inovasi serta efisiensi dan efektivitas di segala bidang,” ujar Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi, dikutip Senin (10/10/2022).

Dijelaskan Rahmad, tim inovasi Pupuk Kaltim secara rutin terlibat di ajang APQO guna mengukur efektivitas inovasi dalam mendukung komitmen perusahaan untuk peningkatan mutu produksi dan efisiensi secara berkesinambungan.

Pengembangan inovasi terus digalakkan perusahaan, baik dalam mendukung aktivitas bisnis maupun dampak langsung ke masyarakat. Upaya ini sejalan dengan prinsip environmental, social, and governance (ESG) yang senantiasa dikedepankan Pupuk Kaltim dalam mendukung aktivitas bisnis perusahaan.

“Melalui ajang ini kita bisa mengukur sejauh mana efektivitas inovasi yang dikembangkan, baik dalam mendorong performa perusahaan maupun dampak positifnya bagi masyarakat sekitar,” lanjut Rahmad.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)