Tiga Investor Serius Selamatkan Merpati

Jum'at, 17 Oktober 2014 - 12:16 WIB
Tiga Investor Serius Selamatkan Merpati
Tiga Investor Serius Selamatkan Merpati
A A A
JAKARTA - Dalam pertemuan yang dilakukan dengan 100 orang investor pada pekan lalu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan telah menemukan setidaknya tiga investor yang berminat untuk ikut terjun menyelamatkan PT Merpati Nusantara Airlines (MNA).

"Karena itu, minggu lalu saya mengundang 100 investor. Dari situ, kita sudah tahu kira-kira ada tiga yang serius," tuturnya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (17/10/2014).

Menurut Dahlan, dia bisa menghubungi tiga investor tersebut langsung. Namun karena azas keterbukaan, maka dirinya bersepakat untuk mengumpulkan semua investor.

"Lantas kita nunggu proposal, siapa yang serius mengajukan proposal, business plan-nya seperti apa. Nah, itu waktunya 30 hari berarti melewati masa jabatan saya," jelasnya.

Mantan orang nomor satu di PLN ini menambahkan, tim yang telah dibentuk untuk menangani para investor tersebut tidak akan pensiun meski dirinya tidak lagi menjabat.

"Sepanjang tidak ada penegasan dari Menteri baru, tim ini akan terus jalan dengan program yang ada. Tiga minggu lagi itu ada proposal masuk ke tim BUMN, yang terbaik kita pilih," ucap Dahlan.

Setelah investor terpilih, lanjut Dahlan, business plan investor tersebut akan dilampirkan dalam pengajuan surat ke Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU), hingga akhirnya PKPU lah yang memutuskan investor tersebut diterima atau tidak.

"Begitu diterima berarti semua pihak pemerintah, BUMN, pemilik piutang politisi siapapun terikat putusan PKPU ini, sehingga katakanlah nanti bahwa PKPU memutuskan bahwa seluruh utang harus jadi saham maka nanti tidak perlu persetujuan politis yang panjang karena ini melaksanakan keputusan PKPU yang panjang," pungkas dia.

(Baca: Dahlan Bertemu 100 Investor Bahas Penyelamatan Merpati)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5764 seconds (0.1#10.140)