4 Menteri Keuangan Indonesia dengan Masa Jabatan Terlama, Terakhir Sampai 15 Tahun

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 15:04 WIB
loading...
4 Menteri Keuangan Indonesia dengan Masa Jabatan Terlama, Terakhir Sampai 15 Tahun
Beberapa menteri keuangan Indonesia diketahui memiliki masa jabatan yang cukup lama. Salah satunya Ali Wardhana. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Beberapa menteri keuangan Indonesia diketahui memiliki masa jabatan yang cukup lama. Bukan tanpa alasan, biasanya hal ini karena melihat performanya yang cukup baik. Sehingga dia bisa menyelesaikan masa jabatannya hingga habis.

Bahkan, mereka juga bisa kembali terpilih di periode selanjutnya dan membuat masa jabatannya semakin lama. Lantas, siapa sajakah deretan Menkeu yang paling lama menjabat?

Baca juga : Menteri Keuangan Indonesia dan Malaysia Sepakat Mengoptimalkan Kerjasama

Bersumber dari laman resmi kementerian keuangan, berikut beberapa menteri keuangan Indonesia dengan masa jabatan terlama.

1. Radius Prawiro

Radius Prawiro menjadi orang pertama dalam daftar ini. Pria kelahiran Yogyakarta, 29 Juni 1928 ini menjabat sebagai menteri keuangan Indonesia pada masa Kabinet Pembangunan IV, yakni pada periode 19 Maret 1983 hingga 21 Maret 1988 (5 tahun).

Saat itu, dia dilantik oleh Presiden Soeharto dengan wakilnya Umar Wirahadikusumah. Beberapa kebijakan yang pernah dikeluarkannya sebagai Menkeu di antaranya adalah rehabilitasi dan stabilisasi moneter.

Selain itu, dia juga pernah menghapus Sisa Anggaran Pembangunan (SIAP) yang ditujukan untuk mendorong penyelesaian proyek yang telah ditentukan pemerintah.

2. Mar’ie Muhammad

Berikutnya ada Mar’ie Muhammad. Pria kelahiran Surabaya, 3 April 1939 ini meraih gelar Master of Arts in Economics di Universitas Indonesia. Dalam riwayat kariernya di Kementerian Keuangan, dia sempat bekerja di Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)