Jamkrindo Resmikan 7 Kantor Cabang di Indonesia Timur

Kamis, 06 November 2014 - 17:42 WIB
Jamkrindo Resmikan 7 Kantor Cabang di Indonesia Timur
Jamkrindo Resmikan 7 Kantor Cabang di Indonesia Timur
A A A
MANADO - Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) meningkatkan status tujuh kantornya di wilayah Indonesia Timur menjadi kantor cabang dari sebelumnya sebagai kantor unit pelayanan (KUP).

"Lima kantor cabang yang kami resmikan di kawasan timur, karena kami melihat potensi pertumbuhan UMKM di wilayah ini sangat besar," ujar Direktur Utama Perum Jamkrindo Diding S Anwar di Manado, Kamis (6/11/2014).

Menurutnya, sebagai satu-satunya perusahaan BUMN yang ditunjuk pemerintah untuk memberikan penjaminan kredit bagi UMKM. Pihaknya selalu berupaya menjadi perusahaan lembaga penjamin yang terpercaya dan professional.

"Tujuan peningkatan status kantor ini untuk meningkatkan pelayanan korporasi ke seluruh mitra kerja. Peningkatan ini sekaligus bukti nyata kami mendukung program pemerintah dalam memberdayakan UMKM, dengan memberikan penjaminan kredit," jelasnya.

Direktur Penjaminan Non-Bank Perum Jamkrindo Nanang Waskito menjelaskan, ke-7 kantor yang baru diresmikan dan ditingkatkan statusnya ini adalah cabang Gorontalo, Ambon (Maluku), Ternate (Maluku Utara), Mamuju (Sulawesi Barat) dan Manokwari (Papua Barat) untuk wilayah kawasan Indonesia Timur, termasuk Manado.

Sedangkan dua kantor lainnya adalah di Tarakan (Kalimatan Utara) dan Pangkal Pinang (Bangka Belitung). “Dengan peresmian ke tujuh kantor cabang ini, saat ini Perum Jamkrindo sudah beroperasi di seluruh Indonesia. Total kami memiliki 35 kantor cabang, karena terdapat dua kantor di Jakarta,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, hingga 30 September, Jamkrindo memiliki aset Rp8,59 triliun atau naik 14,66% dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Sedangkan untuk jumlah ekuitas mencapai Rp6,953 triliun atau meningkat 29,43% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara, untuk perolehan laba kompherensif sebesar Rp508 miliar atau meningkat 31,21% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan kinerja Perum Jamkrindo juga tercatat dari besaran volume kredit usaha rakyat (KUR) yang dijamin untuk tahun 2014 adalah sebesar Rp86,9 triliun atau 51,63% dari total realisasi KUR nasional pada 2014 sebesar Rp168,3 triliun.

Kepala Perum Jamkrindo cabang Manado Iwan Hermawan mengatakan, dengan peningkatan status kantor ini akan ikut mendongkrak pula target capaian dalam hal penjaminan kredit UMKMK.

"Target kita meningkatkan kerja sama dengan perbankan. Karena kami bukan berfokus market oriented, namun bagaimana mendorong perkembangan UMKMK di kawasan timur Indonesia, potensi market ini yang ingin kami kejar dan bantu," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6937 seconds (0.1#10.140)