Jumlah Investor Saham Tembus 4,2 Juta, Kamu Mau Ikut? Ini Cara Memulainya!

Senin, 24 Oktober 2022 - 18:13 WIB
loading...
Jumlah Investor Saham Tembus 4,2 Juta, Kamu Mau Ikut? Ini Cara Memulainya!
Foto: Dok Freepik
A A A
JAKARTA - Minat masyarakat untuk berinvestasi terus meningkat, tercermin dari jumlah investor saham dan surat berharga lainnya yang terus naik. Tercatat hingga September 2022, telah menembus 4,2 juta investor (KSEI) .

Jumlah ini tentu saja masih sangat kecil mengingat jumlah penduduk usia produktif Indonesia yang sangat besar. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk usia produktif Indonesia mencapai 190,83 juta jiwa (69,3%) dari total 275,36 juta jiwa pada Juni 2022.

Angka 4,2 juta investor, artinya secara rasio keterlibatan penduduk Indonesia yang berinvestasi di pasar modal kurang dari 5 persen. Bandingkan dengan Singapura yang mencapai 26 persen, bahkan Malaysia mencapai 9 persen. Akan tertinggal lebih jauh lagi kalau dibandingkan dengan Amerika Serikat (AS) dengan rasio mencapai 55 persen.

Sebenarnya banyak orang terutama kalangan muda Indonesia yang berminat menginvestasikan aset mereka ke dalam instrumen investasi saham dan surat berharga lainnya. Hanya saja persoalannya, kebanyakan mereka masih bingung untuk melakukannya, seperti registrasi rekening saham, memilih perusahaan sekuritas hingga cara beli saham.

Maka, sekalipun era digital memudahkan orang mendapat informasi mengenai apa saja termasuk investasi, namun lembaga keuangan dan stakeholder lainnya perlu untuk terus melakukan literasi dan edukasi kepada masyarakat yang lebih luas tentang apa dan bagaimana investasi.

Literasi dan edukasi pentingnya investasi dan bagaimana memilih instrumen investasi yang paling tepat dengan kebutuhan, dan tujuan, dan rencana keuangan mereka, hingga cara memulai melakukan investasi.

Nah, untuk kamu yang ingin investasi, tapi masih bingung bagaimana memulainya, kamu bisa belajar secara online dari Stockbit. Yang perlu dijelaskan lebih dulu adalah bahwa saat ini investasi bukan sesuatu yang eksklusif, artinya siapa pun dari kalangan mana pun bisa mempelajari lebih dulu seluk beluk dunia investasi saham, mulai jenis-jenis saham, risiko, harga, dan jatuh tempo serta dimana membeli produk investasi saham, sebelum melakukan investasi. Karena saat ini banyak saham maupun surat berharga lainnya dijual secara ritel.

Mempelajari investasi secara online melalui Stockbit tidak sulit. Lewat aplikasi ini para pemula juga bisa mengikuti beberapa kelas belajar melalui fitur-fitur yang ada di Stockbit.

Belajar saham online bersama Stockbit sangat mudah karena semua sudah lengkap ada di aplikasi, website maupun sosial media. Kamu bisa belajar melalui beberapa fitur, di antaranya Stockbit Academy, ebook Stockbit, Streaming, Virtual Trading dan Snips Stockbit.

Fitur Stockbit Academy adalah salah satu fitur yang diberikan gratis oleh Stockbit. Kamu dapat mengakses berbagai video-video eksklusif berisikan materi saham yang dibahas oleh profesional melalui website atau aplikasi.

Untuk masuk ke Stockbit Academy kamu cukup register dengan email atau sosial media. Setiap ulasan materi terdiri dari video dan artikel, sehingga kamu bisa memilih media yang paling disuka.

Ada juga fitur Unboxing Saham yang mengulas secara detail dan rinci setiap aksi korporasi dari berbagai sektor.

Materi yang diberikan lengkap dan berkualitas serta disusun oleh para pakar secara terstruktur untuk pemula hingga expert sesuai kebutuhan dan gaya belajar kamu. Beberapa modul disediakan dimulai dari yang pertama hingga ketujuh dan akan akan bertambah, kamu bisa eksplor langsung nanti di Stockbit Academy.

Kamu bisa mulai belajar hal yang paling basic tentang pasar modal, memahami laporan keuangan, fundamental analysis, sektor bank 101, sektor properti 101, sektor teknologi 101 dan technical analysis 101.

Peranan sekuritas atau broker sangat penting dalam menjadi perantara transaksi jual beli saham. Saat ini sudah banyak perusahaan sekuritas yang legal dan terdaftar serta diawasi OJK, seperti PT Stockbit Sekuritas Digital.

Melalui Stockbit, kamu dapat membuka rekening dengan mudah, karena 100% online, tanpa dokumen fisik, tanpa minimum deposit, bayaran komisi rendah yang rendah (0,1% dan 0,2%) dan dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang user-friendly.

Perusahaan sekuritas ini didirikan dengan visi yang mulia yaitu menjadi penasihat, perantara, dan rekanan yang terpercaya untuk membantu nasabah dalam menentukan strategi finansial di pasar modal indonesia serta berkomitmen untuk memberikan layanan yang handal dan konsisten untuk kepentingan nasabah. Saat ini Stockbit telah diinstal lebih dari 1 juta kali mulai dari pemula sampai profesional.

Lalu bagaimana cara melakukan pembukaan rekening sekuritas dan beli saham di Stockbit?

1. Pastikan kamu sudah update aplikasi Stockbit ke versi terbaru, dan memiliki akun sosial Stockbit
2. Klik fitur Watchlist, pilih opsi Buka Rekening Saham.
3. Masukkan Password Stockbit. Jika belum memiliki password, buat terlebih dahulu dengan mengikuti arahan yang diminta.
4. Masukkan nomor HP.
5. Masukkan alamat email.
6. Kamu akan menerima kode verifikasi yang dikirimkan ke email. Masukkan kode tersebut.
7. Isi informasi data diri.
8. Ambil dan upload foto KTP sesuai yang diisi di formulir data diri.
9. Ambil dan upload foto selfie sambil memegang KTP.
10. Isi data informasi rekening pribadi yang ingin digunakan untuk transaksi saham.
11. Isi data profil risiko dengan menjawab pertanyaan yang paling sesuai dengan dirimu.

Ada dua cara membeli saham bagi pemula secara online, melalui aplikasi maupun website

Melalui Aplikasi
Ada empat cara beli saham melalui aplikasi Stockbit di (Android & iOS). Bisa melalui Stream, swipe right saham di Watchlist, atau ketik nama saham di kolom pencarian. Setelah itu, klik tombol Buy untuk melakukan transaksi pembelian.

1. Kamu akan diarahkan ke Halaman Order. Masukkan jumlah lot dan harga sesuai yang kamu inginkan. Klik Buy untuk eksekusi pembelian.
2. Klik Confirm pada halaman Preview Order.
3. Transaksi selesai. Klik Done, lalu kamu akan diarahkan ke laman Order untuk melihat bukti pembelian.

Melalui Website
Kamu juga memiliki banyak opsi cara untuk melakukan pembelian saham melalui website Stockbit. Bisa melalui tombol Trading Area di pojok kanan atas homepage, klik nama emiten di Stream, atau ketik nama emiten pada kolom Search di bagian atas.

Untuk teknisnya, pembelian saham di website bisa dilakukan melalui beberapa opsi, antara lain Portofolio dan Chartbit.

Melalui Portfolio
1. Klik tab Portfolio pada menu bar di atas halaman.
2. Klik ikon gear pada saham yang ingin dibeli kembali, klik Buy More.

Melalui Chartbit
1. Klik tab Chartbit pada menu bar di atas halaman, untuk masuk ke platform charting milik Stockbit.
2. Di kolom pojok kanan atas, ketik nama emiten yang ingin dibeli.
3. Klik tombol Buy yang ada di sebelah kiri atas halaman.

Alasan Mengapa Memilih Stockbit Sekuritas

1. Dana Terjamin Aman
Stockbit adalah aplikasi saham terpercaya. Semua transaksi saham dilakukan melewati perusahaan sekuritas, Stockbit Sekuritas, yang sudah dipercaya dan diawasi oleh OJK dengan nomor izin KEP-132/PM/1992. Stockbit juga telah terdaftar di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Dengan begitu, kepemilikan harta terkait efek yang dimiliki oleh para investor terjaga keamanannya.

RDN semua dana akan disimpan di rekening terpisah di Rekening Dana Nasabah (RDN) atas nama kamu sendiri, sehingga tidak dapat disalahgunakan oleh pihak lain.

Stockbit memiliki teknologi Smart Login yang dilengkapi dengan teknologi keamanan biometrik sidik jari dan wajah. Dengan begitu, akses masuk ke akun trading menjadi lebih aman.

2. Ramah Pemula, Akses Informasi hingga Biaya
Setiap pemula bisa berinvestasi dengan lancar jika dengan Stockbit. Bahkan jika kamu merasa minim ilmu investasi, Stockbit siap membantu kamu dengan segudang media belajar yang dapat diakses secara gratis dalam e-book, streaming, artikel, hingga video eksklusif dari profesional pakar saham.

Fee transaksi di Stockbit Sekuritas untuk beli hanya 0,1% dan untuk jual hanya 0,2%. Transaksi tersebut sudah mencakup biaya broker, transaksi levy, PPN, dan PPh.

3. Fitur Aplikasi Stockbit Saham Online Terlengkap
- Watchlist – fitur untuk memantau pergerakan harga saham favoritmu.
- Chartbit – merupakan fitur charting yang berfungsi untuk membantu investor melakukan analisa teknikal saham secara menyeluruh.
- Screener – fitur ini memudahkan investor dalam mencari saham terbaik berdasarkan kriteria tertentu.
- Comparison – fitur membandingkan kinerja keuangan dari emiten sejenis dengan angka rata-rata industri dan sektornya secara menyeluruh, sehingga kamu bisa membuat keputusan investasi yang tepat.
- Financials – fitur ini memudahkan investor dalam membaca laporan keuangan emiten melalui penyajian dengan tampilan yang sederhana, menarik, dan bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan.
- Bandar detector – fitur untuk mengetahui apakah sedang ada akumulasi (pembelian) atau distribusi (penjualan) saham yang dilakukan oleh bandar pada saham emiten tertentu dan fitur-fitur lainnya.

Itulah sejumlah alasan, mengapa aplikasi Stockbit platform saham digital terbaik di Indonesia.

Ayo pelajari lebih dulu dengan sebaik-baiknya semua hal tentang investasi saham di Stockbit sebelum kamu melakukan pembelian saham.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)