Erick Thohir Sebut 4 Sektor Bisnis Ini Bakal Terus Tumbuh hingga 2045, Apa Saja?

Kamis, 27 Oktober 2022 - 17:16 WIB
loading...
Erick Thohir Sebut 4 Sektor Bisnis Ini Bakal Terus Tumbuh hingga 2045, Apa Saja?
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/Dok MPI/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut ada empat sektor bisnis yang diproyeksikan terus bertumbuh hingga tahun 2045.

Keempat sektor tersebut adalah ekonomi digital, ketahanan pangan, serta pariwisata dan ekonomi kreatif. Menurut dia, empat sektor usaha tersebut akan mendorong pertumbuhan makro ekonomi dalam negeri hingga 2045.

Dorongan itu sejalan dengan prediksi bahwa Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi terbesar keempat dunia pada 2045, di bawah China, India, dan Amerika Serikat (AS). Urutan ini juga sesuai urutan negara dengan populasi terbanyak di dunia.

"Ada empat sektor usaha yang berpotensi terus tumbuh, yakni hilirisasi sumber daya alam (SDA), ekonomi digital, ketahanan pangan, serta pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkap Erick saat menghadiri Diklatda Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Jakarta, Kamis (27/10/2022).



Erick menilai empat sektor tersebut juga ditopang dengan pertumbuhan kelas menengah yang diprediksi akan mencapai 223 juta orang dari total populasi yang diperkirakan sebanyak 318,9 juta orang pada 2045.

Di lain sisi, Erick memastikan BUMN siap menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi nasional hingga 2045. Mantan bos Inter Milan itu pun mengarahkan agar penguatan hilirisasi sumber daya alam (SDA) terus dilakukan.

Indonesia, tegas dia, harus melakukan akselerasi hilirisasi agar tidak terus menerus mengirimkan bahan baku ke luar negeri.

Erick menilai industri turunan SDA mempunyai dampak besar dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja.

"Kita punya potensi besar dalam pengembangan nikel dan kelapa sawit. Kita menguasai 25% cadangan nikel dunia. Turunannya ini banyak sekali, mulai dari produk baja, baterai, turbin pesawat, sampai otomotif," urainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)