Tak Ada PHK, Industri Gula Klaim Tak Terdampak Corona

Selasa, 14 April 2020 - 08:23 WIB
loading...
Tak Ada PHK, Industri Gula Klaim Tak Terdampak Corona
Bisnis industri gula hingga saat ini diklaim tak terpengaruh oleh pandemi Covid-19. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) menimbulkan dampak negatif bagi hampir seluruh sektor ekonomi. Akibatnya, banyak pelaku usaha yang mengalami kerugian sehingga harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada karyawannya.

Namun, kondisi itu diklaim tidak dialami oleh industri gula nasional. Tenaga Ahli Asosiasi Gula Indonesia (AGI) Yadi Yusriyadi mengatakan, pandemi corona tidak mempengaruhi bisnis industri gula dan hingga saat ini belum ada laporan terkait PHK di sektor ini.

"Sejauh ini proses produksi industri gula yang berbasis tebu tidak mengalami tekanan, apalagi sampai ada PHK," kata Yadi kepada SINDOnews, Selasa (14/4/2020).

Yadi melanjutkan, gula merupakan salah satu bahan pangan yang masih sangat dibutuhkan masyarakat. Untuk itu, permintaan pada industri ini masih besar. "Saat ini pasar gulanya masih sangat terbuka, bahkan kekurangan suplai," terangnya.

Menurut Yadi, saat ini yang menjadi masalah dalam proses pembuatan gula adalah kurangnya tenaga pemotongan tebu. Adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan isolasi wilayah membuat para perkerja dari luar daerah tidak bisa datang berkerja. "Jadi tak ada PHK, yang ada pabrik gula kekurangan tenaga untuk memotong tebu," jelasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)