alexametrics

Ekspor Jepang Oktober Naik Tertinggi dalam 8 Bulan

loading...
Ekspor Jepang Oktober Naik Tertinggi dalam 8 Bulan
Ekspor Jepang Oktober naik tertinggi dalam delapan bulan. Foto: Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
TOKYO - Ekspor Jepang mengalami kenaikan paling tinggi dalam delapan bulan pada Oktober 2014. Kondisi ini mendukung perekonomian yang turun pada kuartal dua.

Kementerian Keuangan setempat mengatakan, ekspor Jepang naik 9,6% dari tahun sebelumnya ke level tertinggi sejak Oktober 2008, dibandingkan estimasi median untuk peningkatan 4,5% dalam survei Bloomberg News.

Sementara, impor juga tumbuh sebesar 2,7%, meninggalkan defisit perdagangan dari 710 miliar yen (USD6 miliar).



Meningkatnya ekspor ini memberikan dukungan untuk ekonomi yang dikontrak selama dua kuartal berturut-turut setelah kenaikan pajak penjualan pada April.

Melemahnya Yen yang diperjuangkan oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan bank sentral dapat meningkatkan pengiriman lebih lanjut dan Jepang menuju ke pemilihan umum pada bulan depan.

"Meningkatkan melemahnya Yen untuk pengiriman mobil dan pemulihan di Asia untuk ekspor pickup Jepang," kata Minoru Nogimori, ekonom di Nomura Securities Co di Tokyo seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (20/11/2014).

"Impor akan jatuh pada November akibat penurunan harga minyak bumi dalam mengimbangi efek dari depresiasi yen," ujarnya.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak