Harga Minyak Melonjak, Saudi Aramco Kantongi Rp660,7 Triliun Hanya dalam 3 Bulan

Rabu, 02 November 2022 - 06:22 WIB
loading...
Harga Minyak Melonjak, Saudi Aramco Kantongi Rp660,7 Triliun Hanya dalam 3 Bulan
Perusahaan minyak nasional Arab Saudi membukukan lonjakan laba 39% untuk kuartal III/2022 seiring lonjakan harga minyak dunia. Foto/Dok
A A A
RIYADH - Perusahaan minyak nasional Arab Saudi membukukan lonjakan laba 39% untuk kuartal III/2022 seiring lonjakan harga minyak dunia . Lompatan pendapatan Saudi Aramco , yang secara resmi bernama Saudi Arabian Oil Co. turut membantu kerajaan untuk membayar rencana ambisius transformasi ekonomi dan memperluas pengaruh diplomatiknya.



Aramco mengatakan laba bersihnya mencapai USD42,43 miliar atau Rp660,7 triliun (Kurs Rp15.573 per USD) dalam periode tiga bulan yang berakhir September 2022. Raihan itu naik dari USD30,43 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya, didorong oleh harga minyak mentah yang lebih tinggi dan volume penjualan.

Namun laba kuartal ketiga masih lebih rendah dari apa yang hasilkan perusahaan minyak pada kuartal sebelumnya, ketika melaporkan laba bersih kuartalan tertinggi sejak mulai memperdagangkan sahamnya di bursa saham Saudi pada 2019.



Diterangkan Aramco, bahwa penurunan laba itu karena harga minyak yang lebih rendah dibandingkan dengan kuartal kedua dan penurunan margin penyulingan serta bahan kimia.

"Sementara itu harga minyak mentah global selama periode ini dipengaruhi oleh ketidakpastian ekonomi yang berkelanjutan. Pandangan jangka panjang kami adalah bahwa permintaan minyak akan terus tumbuh selama sisa dekade ini," kata Kepala Eksekutif Aramco, Amin Nasser.

Saudi Aramco telah menjadi salah satu perusahaan yang paling berharga secara global, dimana secara singkat mengambil posisi teratas pada bulan Mei. Kinerjanya telah membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Saudi bahkan ketika Amerika Serikat (AS) dan Eropa khawatir soal resesi.

Perang di Ukraina dan lonjakan harga energi yang dihasilkan telah mendorong petrostates yang hanya beberapa tahun yang lalu berjuang dengan pasar minyak yang tertekan dan dunia yang beralih ke bahan bakar lebih bersih.

Dana Moneter Internasional atau IMF memperkirakan Arab Saudi bakal menjadi salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia tahun ini, tumbuh sebesar 7,6% atau menjadi yang tercepat dalam hampir satu dekade.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)