Gataki Siap Majukan SDM Konstruksi

Rabu, 02 November 2022 - 22:54 WIB
loading...
Gataki Siap Majukan SDM Konstruksi
Para pengurus Gataki. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Upaya Gabungan Tenaga Ahli dan Terampil Konstruksi Indonesia (Gataki) untuk memajukan sumber daya manusia ( SDM ) sektor konstruksi tidak main-main. Berbagai terobosan dilakukan khususnya masalah manajemen pelaksanaan dalam konstruksi.

Baca juga: 7 Provinsi dengan Biaya Konstruksi Termahal, Nomor 5 Calon Ibu Kota Baru RI

Bukan sekedar menyampaikan usulan skema sertifikasi dan SKKNI semata, namun juga pengembangan kemitraan menjadi garapan serius bagi Gataki. Organisasi profesi yang berada dalam naungan P3SM ini, dikomandoi oleh Ir. Desiderius Viby Indrayana, ST, MM, MT, IPU, ASEAN Eng.

Kemitraan yang dibangun oleh Viby setidaknya dua kelompok, pertama dari kalangan badan usaha, khususnya BUMN, serta kalangan akademisi atau perguruan tinggi. Pada Rabu lalu (26/10/2022), Gataki menjalin kemitraan secara resmi dengan 15 perguruan tinggi se-Indonesia.

Penandatangan kerja sama tersebut dilakukan secara serentak di Kampus Universitas Tanri Abeng, Ulujami, Jakarta Selatan. Kemitraan yang dibangun berbasis fakultas keteknikan.

“Kami menjalin kemitraan dengan berbagai kampus melalui dekan fakultas bidang keteknikan, karena kemitraan ini bersifat operasional, jadi langsung kepada para dekan,” kata Desiderius Viby Indrayana, dalam keterangannya, Rabu (2/11/2022).

Poin utama dalam jalinan kerja sama tersebut adalah peningkatan mutu kualitas sumber daya manusia, melalui pendidikan, penelitian, publikasi ilmiah, serta kesempatan dalam implementasi MBKM, khususnya kesempatan bagi mahasiswa untuk magang di jasa konstruksi.

“Peningkatan kualitas SDM menjadi PR bersama, kami pun ingin ikut berperan dalam peningkatan kualitas tersebut,” jelasnya.

Kelima belas perguruan tinggi tersebut di antaranya adalah FTSP Univ. Bung Hatta, FT Universitas Lancang Kuning, FT Universitas Batanghari Jambi, FT Universitas Muhammadiyah Metro, FTD Universitas Pembangunan Jaya, FT Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang, dam Fakultas Teknik & Teknologi Universitas Tanri Abeng.

“Kelimabelas kampus ini mewakili NKRI, ada dari wilayah barat, tengah, dan timur, kami sangat apesiasi sekali semangat kebersamaan ini,” tambah Viby.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2788 seconds (10.177#12.26)