Hadiri Rakornas GenPi di Solo, Sandiaga Uno: Komunitas Milenial Pacu Kebangkitan Pariwisata

Sabtu, 05 November 2022 - 21:51 WIB
loading...
Hadiri Rakornas GenPi di Solo, Sandiaga Uno: Komunitas Milenial Pacu Kebangkitan Pariwisata
Menparekraf, Sandiaga Uno mengajak Generasi Pesona Indonesia (GenPi) untuk berperan aktif menyukseskan kegiatan KTT G20, yang diselenggarakan di Bali, pada 15-16 November 2022. Foto/Dok
A A A
SOLO - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengajak Generasi Pesona Indonesia (GenPi) untuk berperan aktif menyukseskan kegiatan KTT G20, yang diselenggarakan di Bali, pada 15-16 November 2022.

Baca Juga: Kawasan Wisata Monas akan Dibuka Kembali, Menparekraf: Bangkitkan Pariwisata dan Buka Lapangan Kerja

Menparekraf Sandiaga, dalam sambutannya di acara Rakornas GenPi yang mengusung tema ‘KERIS’ yaitu Kreatif dan Sinergis, di Solo, Sabtu (5/11/2022), menginginkan GenPi ikut berperan perkuat narasi positif mulai dari persiapan hingga pelaksanaan KTT G20.

“GenPi sebagai salah satu komunitas pariwisata, ekonomi kreatif dan literasi digital di Indonesia. Oleh karena itu, bantu gaungkan, bantu promosikan acara forum internasional yang diselenggarakan di Indonesia seperti dalam waktu dekat ini KTT G20,” kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf juga mendorong GenPi turut mendukung pergelaran World Super Bike (WSBK) Mandalika yang akan berlangsung pada 11-13 November 2022, Global Tourism Forum (GTF) Annual Meeting Bali yang akan berlangsung pada 17-18 November 2022, hingga forum ASEAN Tourism Forum (ATF) yang akan berlangsung di Yogyakarta pada tahun 2023.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno: Kesiapan Akomodasi KTT G20 Bali On Track

Ia menilai keterlibatan komunitas anak muda ( millenial ) berperan penting dalam memunculkan gerakan-gerakan yang mendukung tercapainya kesuksesan event internasional yang diselenggarakan di Indonesia, maupun menyukseskan visi misi dalam membangkitkan pariwisata Indonesia.

Lebih lanjut, pada kesempatan tersebut, Menparekraf menyampaikan Indonesia telah naik 12 posisi atau peringkat 32 dari 117 negara dalam Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) tahun 2021, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh World Economy Forum pada bulan Mei 2022. Menurutnya, prestasi tersebut juga karena dukungan dari GenPi.

“Kami melihat pariwisata Indonesia sekarang Alhamdulillah sudah naik 12 peringkat mengalahkan Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Ini berkat dan dukungan dari teman-teman GenPi. Jadi terima kasih GenPi,” kata Menparekraf.

Menparekraf pun berharap GenPi bisa terus mendukung pemerintah dalam menggairahkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga dampaknya akan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat seperti terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja.

Turut mendampingi Menparekraf, Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono; Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani; dan para Direktur Badan Otorita Borobudur (BOB). Turut hadir, Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka; Bupati Maros HAS Chaidir Syam; dan Ketua GenPi Nasional, Siti Chotijah.

(akr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2250 seconds (10.177#12.26)