Ajak Masyarakat Waspadai Soceng, BRI Tayangkan Web Series Modus Operandi

Minggu, 06 November 2022 - 13:35 WIB
loading...
Ajak Masyarakat Waspadai Soceng, BRI Tayangkan Web Series Modus Operandi
Pelaku pelaku kejahatan soceng biasanya memanipulasi psikologis korban untuk membocorkan data pribadi dan data perbankan korban. Foto/pexels/anete lusina
A A A
JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus meningkatkan edukasi pencegahan rekayasa sosial atau social engineering melalui berbagai saluran, salah satunya konten hiburan web series.

Maraknya social engineering atau soceng patut diwaspadai, di mana pelaku kejahatan ini biasanya memanipulasi psikologis korban untuk membocorkan data pribadi dan data perbankan korban. Media yang digunakan pelaku untuk mendekati korban pun beragam, mulai dari telepon, SMS, e-mail, media sosial, dan lainnya.

Keseriusan BRI memerangi soceng dapat dilihat dari konten web series yang menghibur sekaligus mengedukasi berjudul “Modus Operandi” yang tayang sejak 4 November 2022 di kanal YouTube BRI.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, edukasi yang dikemas melalui konten hiburan ini diharapkan bisa meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap praktik soceng.

“Web series ini wujud semangat bagi kami untuk terus memberikan komunikasi yang terbaik dalam memberikan edukasi serta literasi kepada masyarakat luas,” ujatnya dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (6/11/2022).

Baca juga: BRI dan Kepolisian Gagalkan Aksi Penipuan Soceng Nasabah di Garut

Sederet nama aktor muda berbakat Indonesia digaet untuk beradu akting dalam web series ini, antara lain Meerqeen, Yusuf Mahardika, Kristo Immanuel, Diandra Agatha, Maudy Effrosina.

Ada juga Sutradara peraih Piala Citra Makbul Mabarak yang turut menggarap dan menyutradarai web series persembahan BRI tersebut.

Meerqeen mengaku senang bisa berpartisipasi dalam upaya memerangi kejahatan social engineering dengan berperan di web series ini.

Baca juga: Waspada Kejahatan Rekayasa Sosial, Kenali 4 Modus Soceng
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2296 seconds (10.55#12.26)