Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia? Ini Jawabannya!

Kamis, 10 November 2022 - 15:57 WIB
loading...
Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia? Ini Jawabannya!
Terdapat sejumlah faktor yang kemungkinan dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah faktor yang kemungkinan dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Di antaranya adalah tingkat pengangguran dan ketimpangan pendapatan.

Merujuk pada pengertiannya, pertumbuhan ekonomi bisa diartikan sebagai meningkatnya nilai dan jumlah produksi barang dan jasa sebuah negara dalam kurun waktu tertentu. Dalam statusnya, pertumbuhan ekonomi biasanya dipengaruhi berbagai faktor yang berbeda-beda.

Baca juga : Pertumbuhan Ekonomi Terendah Selama Dua Dekade

Mengutip informasi dari jurnal berjudul Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia karya Yuniarti, dkk, berikut sejumlah faktor yang berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

1. Indeks Pembangunan Manusia

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjelaskan tentang bagaimana penduduk bisa mengakses pembangunan dalam meraih penghasilan, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, IPM terbentuk dari beberapa elemen dasar seperti umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, serta standar hidup yang layak. Biasanya, IPM akan menjadi salah satu indikator penting untuk mengukur level pembangunan suatu wilayah atau negara tertentu.

2. Tingkat Partisipasi Tenaga Kerja

Berikutnya ada Tingkat Partisipasi Tenaga Kerja (TPAK). Istilah tersebut merujuk pada persentase banyaknya angkatan kerja terhadap banyaknya penduduk yang telah berumur 10 tahun ke atas.

3. Tingkat Pengangguran
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2763 seconds (11.210#12.26)