Erick Thohir Minta Induk IDSurvey Perkuat SDM, Ini Strategi BKI?

Selasa, 15 November 2022 - 19:44 WIB
loading...
Erick Thohir Minta Induk IDSurvey Perkuat SDM, Ini Strategi BKI?
PT BKI terus meningkatkan kualitas SDM-nya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI terus melakukan transformasi dan inovasi, khususnya dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia ( SDM ).



Penguatan SDM induk Holding Jasa Survey (IDSurvey) itu salah satunya melalui peningkatan kualifikasi surveyor perusahaan sebagai Auditor Sistem Manajemen Keselamatan dan Keamanan atau Maritime Management System Auditor (MMSA).

Penguatan itu lantaran kualitas surveyor dan auditor adalah kunci kesuksesan pelayanan perseroan kepada pelanggan atau klien. BKI sendiri adalah BUMN yang bergerak di bidang Testing Inspection and Certification (TIC).

“Sesuai dengan arahan dari Menteri BUMN, kami melakukan berbagai pelatihan yang bisa meningkatkan kompetensi SDM khususnya internal BKI. Salah satunya dengan menggelar peningkatan kualifikasi surveyor BKI sebagai Auditor Sistem Manajemen Keselamatan dan Keamanan - Maritime Management System Auditor (MMSA) tingkat nasional,” ujar Kepala Cabang BKI Batam, Budi Isrofi di Batuampar, Selasa (15/11/2022).

Menurutnya, pelatihan penting bagi seorang calon auditor, lantaran auditor nanti akan memberikan pemahaman materi serta penilaian kepada personel atau perusahaan kapal pelayaran.

Tujuannya, agar industri pelayaran bisa mendapatkan sertifikasi maupun pemahaman International Safety Management Code (ISM Code). Selain itu, memperoleh International Ship and Port Facility Security Code (ISPS Code) atau aturan lain yang menyeluruh mengenai langkah-langkah untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan.

Dengan pelatihan ini, lanjut Budi, BKI dapat menambahkan nilai peran dan fungsinya sebagai recognized organization dan recognized security organization pemerintah untuk mendorong perusahaan pelayaran dan kapal berbendera Indonesia sesuai dengan standar yang telah ditentukan secara nasional dan internasional.



“Jumlah peserta yang berpartisipasi dalam pelatihan sekaligus ujian ini, sebanyak 34 surveyor. Nantinya, mereka akan menjadi calon auditor dari BKI pusat yang memiliki andil untuk melakukan TIC di nasional dan global. Hal ini berguna untuk peningkatan kualifikasi mereka sebagai auditor manajemen keselamatan dan keamanan,” kata dia.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)