Bali Akan Punya Kereta Tanpa Rel Tujuan Bandara Ngurah Rai ke Terminal Mengwi

Rabu, 08 Juli 2020 - 16:08 WIB
loading...
Bali Akan Punya Kereta Tanpa Rel Tujuan Bandara Ngurah Rai ke Terminal Mengwi
PT KAI siapkan kereta api tanpa rel di Bali. FOTO/Dok.
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo mengatakan, pihaknya akan menyiapkan sarana perkeretaapian tanpa rel dengan rute tujuan Airport Bandara Ngurah Rai ke wilayah Teminal Mengwi Badung, Provinsi Bali. Namun begitu, PT KAI masih mempelajari teknologi berusa sarana gerbong kereta yang saat ini sedang berjalan di negara China.

"Kami sudah ada rencana, dan itu berupa kereta tanpa rel yang ada di China. Saat ini studi sedang dilakukan, kalau itu bisa berjalan, kami akan coba ke kota lain," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi X DPR di Jakarta, Rabu, (8/7/2020).

(BACA JUGA: Ingin Gunakan Kereta Api Jarak Jauh, Ini Syaratnya)

Pembangunan kereta di Provinsi Bali mencuat setelah Anggota DPR di Komisi VI mempertanyakan rencana pengembangan jalur kereta di sektor pariwisata. "Kapan pak ada rencana pembangunan kereta di Provinsi Bali. Karena kita tahu, Bali sendiri merupakan daerah andalan untuk sektor pariwisata," kata Wakil Ketua Komisi V DPR, Gde Sumarjaya LInggih.

Kereta Api Tanpa Rel sendiri telah dikembangkan dan beroperasi dengan sukses di China dengan jarak tempuh sekitar tiga kilometer. Dihimpun dari berbagai sumber, pemerintah China akan mengembangkan layanan kereta tanpa rel ini menjadi sembilan kilometer. Kereta ini merupakan kereta jarak pendek dengan perpaduan bus dan kereta. Jalurnya sendiri berjalan di atas jalan beraspal dengan mengandalkan kekuatan dan daya listrik.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)