alexametrics

Realisasi Investasi PMA Baru di Batam Stagnan

loading...
Realisasi Investasi PMA Baru di Batam Stagnan
BP Batam mengungkapkan realisasi investasi PMA baru stagnan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Foto: Istimewa
A+ A-
BATAM - Direktur Investasi dan Pemasaran BP Batam, Purnomo Andiantono mengungkapkan, selama 2014 pendaftaran PMA (penanam modal asing) baru dan perluasan usaha di FTZ Batam naik tiga kali lipat. Namun, realisasi investasi stagnan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Penumpukan pendaftaran PMA baru terwujud seiring masa transisi pemerintahan Jokowi-JK. Namun, minat positif yang ditunjukkan PMA justru tidak tampak dalam capaian realisasi investasi.

"Realisasi investasi sepanjang tahun ini justru masih stagnan, belum ada kenaikan ataupun penurunan. Di sisi perluasan usaha investasi justru terjadi peningkatan melebihi capaian tahun lalu," terangnya, Jumat (2/1/2015).



Purnomo tidak menampik adanya tren investasi ke arah padat modal jika dilihat capaian realisasi investasi pada 2014.

Realisasi investasi yang stagnan dilihat nilai investasi proyek yang lebih banyak namun dengan jumlah proyek yang lebih kecil.

"Sepertinya begitu, jumlah PMA-nya sedikit, tapi nilai investasinya lebih banyak," ujar Purnomo.

Menurutnya, iklim usaha dan iklim ketenagakerjaan di Batam masih perlu disempurnakan. Adanya kepastian yang lebih baik mengenai sistem upah dibutuhkan investor maupun tenaga kerja agar tidak menimbulkan persoalan ke depan.

Selain itu, besaran UMK saat ini tetap mampu menarik tenaga kerja jika dilihat antusias pencari kerja di Batam Job Fair 2014 yang digelar, pekan lalu.

"Kami mohon iklim kondusif dijaga, kenaikan upah harus wajar dan jangan anarkis. Demo silakan untuk menyuarakan aspirasi," tandas Purnomo.
(dmd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak