alexametrics

Libur Natal dan Tahun Baru

Penumpang di Bandara Hang Nadim Batam Melonjak 30%

loading...
Penumpang di Bandara Hang Nadim Batam Melonjak 30%
Penumpang pesawat di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, melonjak hingga 30%. Foto: Istimewa
A+ A-
BATAM - Jumlah penumpang pesawat di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, selama dua pekan libur Natal dan Tahun Baru, melonjak hingga 30%.

Rata-rata penumpang pada musim liburan kali ini mencapai 8.000 orang per hari. Angka tersebut lebih tinggi dari periode yang sama 2013, yang hanya mencapai 6.000 orang per hari.

Plt Kepala Bandara Internasional Hang Nadim, Suwarso mengatakan, catatan 8.000 penumpang per hari itu didapat selama periode 22 Desember hingga 4 Januari 2015. Jumlah penumpang itu merupakan penumpang yang berangkat dari Hang Nadim Batam untuk 116 kali penerbangan.



"Jumlahnya 8.300 orang selama tanggal itu, ini naik signifikan dibandingkan tahun 2013," ujarnya, Rabu (7/1/2015).

Menurut Suwarso, kenaikan tersebut sangat terasa terlihat dari padatnya kondisi bandara termasuk jumlah pesawat yang mendarat dan terbang dari Hang Nadim Batam.

Jumlah penumpang ini juga mencatatkan kenaikan yang hampir menyentuh kapasitas maksimal bandara sebanyak 4,8 juta penumpang.

"Secara umum pertumbuhan penumpang dan penerbangan memang signifikan. Meski rekapitulasi jumlah penumpang sampai akhir tahun belum keluar, namun kami perkirakan lebih dari 4,8 juta orang," ungkap Suwarso.

Berdasarkan data BP Batam, pada 2012, jumlah penumpang Bandara Internasional Hang Nadim Batam sebanyak 3,8 juta orang dengan 84 penerbangan per hari.

Selanjutnya, pada 2013, jumlah penumpang mencapai 4,1 juta orang dengan 104 penerbangan reguler per hari. Untuk 2014, jumlah penumpang sudah di atas 4,8 juta orang dengan 116 kali penerbangan per hari.
(dmd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak