alexametrics

Penerbangan di Bandara Hang Nadim Bertambah 12%

loading...
Penerbangan di Bandara Hang Nadim Bertambah 12%
Penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada Libur Natal dan Tahun Baru naik sekitar 12%. Foto: Istimewa
A+ A-
BATAM - Angka penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada Libur Natal dan Tahun Baru mengalami penambahan sekitar 12% dibandingkan 2013.

"Selain penumpang naik, jumlah penerbangan dari Bandara Hang Nadim Batam juga mengalami kenaikan hingga 12% dibanding periode sebelumnya," ujar Plt Kepala Bandara Internasional Hang Nadim, Suwarso, Rabu (7/1/2015).

Otoritas Bandara itu mencatat maskapai yang menambah penerbangan pada libur Natal dan Tahun Baru adalah Lion Air untuk tujuan Medan, Surabaya dan Pekanbaru.

Berdasarkan permohonan yang diajukan Lion Air, lanjut Suwarso, penambahan penerbangan dilakukan hingga 10 Januari 2015.



Peningkatan penumpang juga dipengaruhi pembukaan dua penerbangan baru dari Batam ke Jakarta dan Surabaya oleh maskapai Garuda Indonesia mulai 19 Desember 2014, masing-masing satu kali sehari.

Jumlah penumpang ini juga mencatatkan kenaikan yang hampir menyentuh kapasitas maksimal bandara sebanyak 4,8 juta penumpang.

"Secara umum pertumbuhan penumpang dan penerbangan memang signifikan. Meski rekapitulasi jumlah penumpang sampai akhir tahun belum keluar, namun kami perkirakan lebih dari 4,8 juta orang," ungkap Suwarso.

Berdasarkan data BP Batam, pada 2012, jumlah penumpang Bandara Internasional Hang Nadim Batam sebanyak 3,8 juta orang dengan 84 penerbangan per hari.

Selanjutnya, pada 2013, jumlah penumpang mencapai 4,1 juta orang dengan 104 penerbangan reguler per hari. Untuk 2014, jumlah penumpang sudah di atas 4,8 juta orang dengan 116 kali penerbangan per hari.
(dmd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak