alexametrics

Kapasitas Hang Nadim Akan Ditingkatkan 16 Juta Orang/Tahun

loading...
Kapasitas Hang Nadim Akan Ditingkatkan 16 Juta Orang/Tahun
Kapasitas Bandara Internasional Hang Nadim akan ditingkatkan hingga 16 juta penumpang per tahun. Foto: Istimewa
A+ A-
BATAM - Direktur PTSP dan Humas BP Batam Dwi Djoko Wiwoho mengatakan kapasitas Bandara Internasional Hang Nadim akan ditingkatkan hingga 16 juta penumpang per tahun.

Dia menuturkan jumlah penumpang di Bandara Hang Nadim dari tahun ke tahun terus meningkat setiap tahunnya hingga menyentuh batas maksimal terminal.

Jumlah rata-rata penumpang di Bandara Hang Nadim pada tahun ini mencapai 13.000 orang pada hari biasa dan 16.000 orang pada hari raya.



"Jumlah ini terus meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Diperkirakan pada tahun ini totalnya sampai lima juta orang. Artinya jumlah itu sudah mencapai kajian awal saat pertama kali dibangun di masa BJ Habibie," ujar Dwi, Rabu (7/1/2015).

Pada awal tahun 2014, BP Batam sudah memprediksi terjadinya lonjakan pertumbuhan penumpang hingga 15% setiap tahun. Jumlah itu juga diikuti pertumbuhan penerbangan sebesar 5% per tahun.

Kemudian kapasitas Bandara Hang Nadim Batam juga akan ditingkatkan menjadi 16 juta penumpang per tahun dari pembangunan terminal baru dan pengembangan terminal lama dari sebelumnya hanya sebesar 5 juta penumpang per tahun.

"Proses pembangunan terminal lama juga baru akan dimulai pada 2017 mendatang, dan setelah selesai baru akan dilanjutkan pada pembangunan terminal baru. Pada saat ini rancangan terminal barunya sudah ada dan rencana pembangunan akan dilakukan pada sisi kiri terminal kargo," ungkap Djoko.

BP Batam, lanjut dia, sudah mengantisipasi pertumbuhan itu dengan memacu kecepatan dan ketepatan sistem pelayanan. Baru-baru ini, BP Batam menggandeng PT Angkasa Pura II untuk memacu layanan tersebut.

Di samping itu, pengembangan Bandara Hang Nadim juga masuk dalam program strategis BP Batam dengan munculnya lini fasilitas maintenance repair overhaul (MRO) bagi industri penerbangan.

"Hang Nadim juga sebagai hub atau pusat penumpukan kargo dan penumpang di Asia Tenggara, maka kapasitas dan pelayanan harus ditingkatkan," tandas Djoko.
(dmd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak