alexametrics

BI Prediksi Pertumbuhan Kredit Baru Kuartal I 2015 Melambat

loading...
BI Prediksi Pertumbuhan Kredit Baru Kuartal I 2015 Melambat
BI memprediksi pertumbuhan kredit baru pada kuartal pertama 2015 mengalami perlambatan. Foto: Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan kredit baru pada kuartal I 2015 mengalami perlambatan. Hal ini tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kredit baru pada kuartal pertama tahun ini menurun dari 84% menjadi 67,3%.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara mengatakan, faktor utama yang memengaruhi perkiraan perlambatan laju kredit baru adalah rendahnya permintaan pembiayaan pada awal tahun dan tekanan kenaikan suku bunga kredit.

"Meski melambat, namun optimisme perkiraan pertumbuhan kredit kuartal I ini masih lebih baik dibandingkan periode yang sama selama 3 tahun terakhir (rata-rata 44,2%)," ujarnya, Senin (12/1/2015).



Tirta menuturkan, pemberian kredit baru pada kuartal I tahun ini diperkirakaan akan tumbuh sebesar 8,01% (qtq), lebih tinggi dibandingkan rata-rata pertumbuhan kredit baru pada kuartal I tiga tahun terakhir (-10,21%, qtq).

Menurutnya, prioritas utama perbankan dalam penyaluran kredit baru adalah sektor perdagangan besar, eceran, sektor industri pengolahan, transportasi, pergudangan dan komunikasi.

"Dari sisi golongan debitur, nasabah UMKM masih belum menjadi prioritas utama konsumen dalam penyaluran kredit baru," tandas Tirta.
(dmd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak