LPS Apresiasi Pencapaian Kinerja Industri Perbankan

Rabu, 30 November 2022 - 20:46 WIB
loading...
LPS Apresiasi Pencapaian Kinerja Industri Perbankan
Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa di acara LPS Banking Award 2022. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan ( LPS ) untuk pertama kalinya menggelar LPS Banking Award 2022 sebagai bentuk apresiasi kepada industri perbankan yang turut mendukung, dan berperan aktif dalam memajukan industri keuangan guna mendorong perekonomian nasional.



"Kondisi perbankan yang sangat baik ini tidak terlepas dari peran serta para pelaku industri perbankan yang menjalankan bisnis dengan baik dan prudent. Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada industri perbankan," ujar Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa, dikutip Rabu (30/11/2022).

Seperti diketahui, secara umum, perbankan nasional saat ini dalam kondisi yang sangat baik. Salah satu kuncinya adalah level permodalan perbankan nasional yang tebal. Per Oktober 2022, CAR berada pada level 25,09%.

Intermediasi perbankan pada bulan Oktober 2022 juga tumbuh dengan baik, kredit yang tumbuh sebesar 11,9% YoY. Demikian pula dana pihak ketiga (DPK) juga tumbuh stabil pada level 9,4% di periode yang sama.

"Kedua hal tersebut menunjukkan dana dari sektor perbankan secara perlahan telah kembali mengalir ke sektor riil untuk menggerakkan perekonomian," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Surveilans, Pemeriksaan dan Statistik LPS, Priyanto Budi Nugroho, menjelaskan, LPS Banking Award 2022 telah dimulai sejak tahap pengumpulan data pada bulan Oktober 2022 silam. Tahap penjurian itu adalah penjurian untuk kategori, Bank Teraktif Dalam CSR, Bank Teraktif Dalam Literasi Keuangan masyarakat dan yang terakhir adalah Bank Teraktif dalam praktik Green Banking.

Kemudian, untuk dua kategori lainnya ditentukan oleh Bank Terbaik Dalam Kepatuhan SCV dan Bank Teraktif Dalam Inisiatif Sosialisasi LPS.

Dewan Juri LPS Banking Award 2022 terdiri dari, Direktur Eksekutif Surveilans, Pemeriksaan dan Statistik (LPS) Priyanto Budi Nugroho, Direktur Utama Infobank Eko B. Supriyanto, Ketua Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Sutan Emir Hidayat, Ketua Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Joko Suyanto, Sekjen Perhimpunan Bank Umum Nasional (Perbanas) Anika Faisal, dan Akademisi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Telisa Aulia Felanti.



LPS Banking Award 2022 ini turut dihadiri oleh Anggota Dewan Komisioner merangkap Kepala Eksekutif LPS Lana Soelistianingsih, Anggota Dewan Komisioner LPS Didik Madiyono, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti, dan para direktur bank umum dan bank perkreditan rakyat serta asosiasi perbankan.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)