Masyarakat Diminta Tak Khawatir soal Pangan Saat Banjir

Selasa, 10 Februari 2015 - 19:23 WIB
Masyarakat Diminta Tak Khawatir soal Pangan Saat Banjir
Masyarakat Diminta Tak Khawatir soal Pangan Saat Banjir
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel meminta masyarakat untuk tidak khawatir mengenai ketersediaan pangan saat terjadi bencana banjir seperti sekarang ini.

Dia menegaskan, pemerintah akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi dampak bencana tersebut terhadap ketersediaan pangan. "Saya kira masyarakat enggak usah terlalu khawatir. Pemerintah akan berusaha semaksimal mungkin mengatasi masalah itu," katanya di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/2/2015).

Mendag telah berkoordinasi dengan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengenai stok pangan. Menurutnya, saat ini stok beras pun tidak dalam kondisi mengkhawatirkan.

"Tadi saya juga baru ngobrol dengan Pak Mentan (Amran), kalau beras sendiri enggak perlu dikhawatirkan mengenai produksi beras. Sudah mulai akan banyak panen, daerah Sulawesi ada," terangnya.

Kemendag telah mengamankan stok pangan agar tidak langka di pasaran meski terjadi bencana banjir. "Upayanya sedang kita lakukan dan sedang kerjakan. Seperti persediaan sumber pangan, tetapi masalahnya logistiknya nanti. Ini sedang kita fokuskan dilokasi-lokasi itu," ucap dia.

Menurut Rachmat, meski kondisi banjir akan mengganggu sistem logistik nasional, namun pihaknya akan berusaha mengatasi hal itu. "Dalam hal logistik kemungkinan ada. Kemungkinan terganggu ada, tapi mudah-mudahan bisa teratasi," tandas Mendag.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4574 seconds (0.1#10.140)