Merawat Kebhinekaan, Ganjar Komitmen Gali Potensi Ekonomi Adat dan Budaya

Senin, 12 Desember 2022 - 18:30 WIB
loading...
Merawat Kebhinekaan, Ganjar Komitmen Gali Potensi Ekonomi Adat dan Budaya
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadir sebagai tamu kehormatan mengenakan surjan merah motif bunga Festival Adat Budaya Nusantara II, oleh Masyarakat Adat Nusantara (Matra) di Borobudur. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Pelataran Lumbini di Komplek Candi Borobudur , berdiri tenda besar berikut panggung megah dengan kelengkapan lampu berwarna-warni, pada Jumat (9/12/2022) malam. Saat itu digelar Festival Adat Budaya Nusantara II, oleh Masyarakat Adat Nusantara (Matra).

Kegiatan itu dihadiri sebanyak 264 kerajaan dan lembaga adat. Mereka mengenakan pakaian kebesarannya masing-masing. Mulai dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Penggambaran betapa Indonesia sangat kaya akan budaya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadir sebagai tamu kehormatan mengenakan surjan merah motif bunga. Kehadiran Ganjar disambut hangat para raja yang hadir. Ganjar berkomitmen menggali potensi ekonomi adat dan budaya Nusantara sekaligus menjaga eksistensi NKRI, Pancasila, dan UUD 1945.



Ganjar berharap melalui FABN II Jateng, kekayaan budaya Indonesia bisa semakin dikenal di dunia. Apalagi acara ini turut dihadiri oleh pimpinan kerajaan dari mancanegara seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Jepang, dan Thailand. "Kita bisa menunjukkan kepada dunia bagaimana kekayaan ini kita miliki dan hidup. Mudah-mudahan semua tidak hanya melestarikan, tapi juga mengembangkan," tutur Ganjar melalui pernyataannya, Senin (12/12/2022).

Ganjar mengapresiasi komitmen kebangsaan para raja, sultan dan para pemangku adat sebagaimana yang telah dituangkan dalam deklarasi. "Kita sudah mendengarkan bersama tadi, semua memiliki komitmen untuk menjaga persatuan bangsa, kebinekaan, NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Ini benar-benar kontribusi yang sangat diperlukan dalam pembangunan nasional," ujar Ganjar.

Ketua Panitia FABN II, Sri Paduka Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangku Alam II, perhelatan yang digelar oleh Masyarakat Adat Nusantara (Matra) ini digelar sebagai upaya memperkuat silaturahim kerajaan dan lembaga adat untuk merumuskan kontribusi yang dapat diberikan bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa.



Menurut KGPAA Mangku Alam II, FABN II yang terselenggara dengan Jawa Tengah sebagai tuan rumah ini sangat berhasil dari semua aspek perhalatan acara. KGPAA Mangku Alam II pun memberikan apresiasi kepada Gubernur Ganjar Pranowo karena selama ini telah menunjukkan komitmennya dalam menjaga, mengembangkan serta memperjuangkan adat budaya Nusantara serta selalu memperhatikan nasib para raja, sultan dan pemangku adat.

"Jika Allah menghendaki beliau jadi pemimpin, maka akan berkomitmen semua nasib para raja akan dijadikan penasihat yang paling utama. Kami sangat apresiasi terhadap kesediaan dan kepedulian beliau, karena kepedulian tidak perlu diucapkan tapi dengan tingkah laku sudah kelihatan," tutur Mangku Alam II.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)