Pos Indonesia Jamin Penyaluran Tiga Bansos di Wilayah 3T Tepat Waktu

Selasa, 13 Desember 2022 - 21:00 WIB
loading...
Pos Indonesia Jamin Penyaluran Tiga Bansos di Wilayah 3T Tepat Waktu
Direkur Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia (Persero) Haris (kanan) saat kunjungan kerja di Kantor Pos KCP Batam Nagoya Plaza.
A A A
JAKARTA - PT Pos Indonesia (Persero) menjamin penyaluran tiga bantuan sosial (bansos) di wilayah 3T (terdepan, terpencil, tertinggal) tepat waktu. Ketiga bansos tersebut meliputi bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM), program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT) atau bansos sembako.

Menurut Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Haris, Kementerian Sosial (Kemensos) telah menetapkan penyaluran ketiga bansos tersebut maksimal pada akhir Desember 2022.

Adapun nominal dana BLT BBM yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yaitu untuk dua bulan sebesar Rp300.000, bantuan sembako triwulan IV (Oktober, November, Desember) sebesar masing-masing Rp200.000 per bulan dengan total Rp600.000, dan PKH dengan nominal beragam mulai dari Rp225.000 hingga Rp3 juta.

(Baca juga:Siapa yang Berhak Dapat BLT Kantor Pos Rp300 Ribu? Cek di Sini Bunda)

Periode penyaluran ini sangat istimewa karena Pos Indonesia menyalurkan tiga bantuan sekaligus. “Istimewanya pada penyaluran BLT BBM tahap 2 ini berbarengan dengan penyaluran PKH dan bansos sembako. Karena menyalurkan 3 bantuan, uang yang disalurkan cukup besar sehingga butuh persiapan dengan baik, mitigasi risiko terkait pengamanan,” kata kata Haris dalam keterangan tertulis, kemarin.

Terkait penyaluran BLT di wilayah 3T, Haris optimistis petugas Pos Indonesia telah terlatih mengatasi tantangan yang dihadapi. “Petugas saat menerima data sudah maping (memetakan) lokasi penerima dan Kantor Pos terdekat. Kemudian berkoordinasi dengan pemangku daerah untuk penjadwalan penyaluran. Kita menyiapkan transportasi, berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait dan aparat keamanan,” ujarnya.

Berkat koordinasi yang baik, penyaluran bansos saat ini hampir mencapai 100%. Hanya tersisa sekitar 3% yang belum tersalurkan kepada KPM di wilayah 3T. “Untuk bansos sembako sudah kami salurkan 97%. Tersisa 3% lagi yang belum disalurkan, dan ini rata-rata berada di wilayah yang tidak mudah atau 3T,” kata Ketua Satgas Bansos PT Pos Indonesia (Persero), Hendra Sari.

(Baca juga:Kabar Gembira Nih Bunda! 9,4 Juta Keluarga Sudah Terima BLT Kantor Pos Rp600 Ribu)

Walau tak mudah menyalurkan bansos di wilayah 3T, Pos Indonesia tetap berkomitmen untuk menyampaikan amanah pemerintah kepada KPM. Bahkan, Pos Indonesia memberikan perhatian khusus dalam penyaluran di wilayah 3T.

“Sejak awal sudah kami ingatkan kepada tim untuk segera menjadwalkan pembayaran, bekerja sama dengan Pemda dan penyedia transportasi. Kami memberikan biaya operasional lebih tinggi daripada biaya yang kami terima dari pemberi kerja. Ini bentuk subsidi silang karena wilayah 3T berhak mendapatkan perlakuan yang sama. Mereka berhak mendapatkan bantuan dengan cepat seperti yang dilakukan di daerah yang mudah dijangkau,” ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)