Gedung PYCH Siap Diresmikan Jokowi, BIN dan PMI Lakukan Pengecekan

Selasa, 20 Desember 2022 - 10:30 WIB
loading...
Gedung PYCH Siap Diresmikan Jokowi, BIN dan PMI Lakukan Pengecekan
Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) merupakan infrastruktur yang dibangun untuk mengembangkan minat, bakat, dan kreativitas anak-anak muda di Papua. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAYAPURA - Progres pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) sudah mencapai 99,953 persen dan akan segera diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jelang serah terima gedung dari Kementerian PUPR kepada Badan Intelijen Negara (BIN) sebagai pengelola PYCH, Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Made Kartikajaya melakukan peninjauan, Senin (19/12/2022).

Di gedung inilah nanti PMI menjalankan berbagai program untuk ikut menyejahterakan masyarakat Papua. Mereka akan berkolaborasi dengan berbagai pihak, mengembangkan diri dan terus menjadi motor pengembangan SDM anak-anak muda di Bumi Cendrawasih.

Made Kartikajaya yang juga merupakan pembina PMI memeriksa satu persatu ruangan dan semua fasilitas hingga lapangan, untuk memastikan seluruh pekerjaan diselesaikan dengan sempurna. Dari hasil peninjauan, Made Kartikajaya menyarankan perbaikan di sejumlah titik untuk penyempurnaan gedung, di antaranya lapangan olahraga hingga railing tangga.



Secara prinsip, BIN sudah siap menerima gedung PYCH, namun masih ada sejumlah perbaikan. Apabila seluruh perbaikan dan pengerjaannya sudah selesai 100 persen, maka akan dilaksanakan serah terima dari Kementerian PUPR ke BIN.

Made Kartikajaya dalam peninjauan didampingi oleh Kepala Biro Logistik BIN, Brigjen TNI Tony Kurniawan, Direktur Perencanaan dan Pengendalian Kegiatan Operasi Deputi IV Wagiyo Raharjo dan jajarannya. Serta, Koordinator PMI Wilayah Papua, Neil Aiwoy dan Sekretarisnya, Vitha Faidiban.

PMI menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan atas pembangunan gedung PYCH tersebut. PMI menyatakan pembangunan gedung ini merupakan satu dari sekian banyak fasilitas yang diberikan kepada anak muda Papua dan masyarakat Papua oleh Presiden Jokowi dan Kepala BIN Budi Gunawan.

"Saya mewakili PMI mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi dan Kepala BIN, Pak Budi Gunawan, atas kebaikan dan cintanya untuk Tanah Papua, sehingga kami diberikan kesempatan menempati gedung ini, untuk bisa berinovasi, memberikan karya terbaik bagi Tanah Papua dan untuk Indonesia," ujar Vitha di lokasi, di Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Sementara Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II Provinsi Papua, Meinar Manurung mengatakan menerima masukan dari BIN dan akan melakukan perbaikan secepatnya.

"Hari ini bersama BIN sudah melakukan rapat koordinasi persiapan untuk serah terima. Kami juga menemani Deputi IV mengelilingi kawasan gedung untuk melihat pekerjaan di lapangan, sudah ada masukan dari Pak Deputi terkait hal-hal yang kami perlu perbaiki sebelum serah terima," ujar Meinar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)