Apresiasi kepada BUMN Konstruksi yang Garap Dua Proyek Infrastruktur Vital

Selasa, 20 Desember 2022 - 21:12 WIB
loading...
Apresiasi kepada BUMN Konstruksi yang Garap Dua Proyek Infrastruktur Vital
PT Indra Karya (Persero) menyabet dua penghargaan jasa konstruksi 2022 dari Kementerian PUPR. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Indra Karya (Persero) menyabet dua penghargaan jasa konstruksi 2022 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) untuk kategori sumber daya air sebagai konsultan pengawas dalam pembangunan Bendungan Temef dan Ciujung Priority Civil Work.



Bendungan Temef merupakan salah satu bendungan yang menjadi proyek strategis nasional (PSN) yang terletak di Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT). Sementara itu, Ciujung Priority Civil Work merupakan proyek pembangunan tanggul Sungai Ciujung yang saat 2013 lalu pernah menggenangi 19.674 rumah dan membuat 50.527 orang mengungsi.

“Penghargaan dari Kementerian PUPR amat penting bagi kami untuk menjadi pemicu terus tumbuh sebagai konsultan konstruksi yang terbaik,” ujar Direktur Utama Indra Karya, Gok Ari Joso Simamora, Selasa (20/12/2022).

Saat ini, Bendungan Temef tengah mengalami percepatan pembangunan agar pelaksanaan pengisian awal bendungan (impounding) yang ditargetkan pada akhir 2023 bisa tercapai, sehingga bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat TTS dan sekitarnya.

Bendungan Temef sendiri merupakan bendungan multipurpose dengan kemampuan kapasitas tampungan sebesar 45,785 juta m3 dan luas genangan 297,78 ha.

Fungsi bendungan ini nantinya meliputi penyediaan air irigasi seluas 4.500 ha, penyediaan air baku sebesar 131 liter/det, penyediaan energi dengan kapasitas 2 x 1 MW dan pengendalian banjir di Kabupaten Malaka.

Menurutnya, penghargaan tersebut sekaligus menjadi momentum penyemangat bagi Indra Karya agar menjaga konsistensi sehingga bisa menjadi contoh yang baik bagi para pelaku konsultan konstruksi lain.

“Sebagai perusahaan Konsultan BUMN yang bergerak di sektor Infrastruktur, Indra Karya selalu mempersiapkan diri untuk menjadi player besar dalam konsultansi infrastruktur andal menuju pasar global,” ujar Gok Ari.

Baca juga: Sri Mulyani Kantongi Rp198 Triliun dari Cukai Kepulan Asap

Penghargaan Jasa Konstruksi 2022 diadakan Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR untuk memberikan apresiasi kepada para stakeholder jasa konstruksi yang melakukan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4610 seconds (0.1#10.140)