Hari Ibu, Serat Kartini Ganjar Perkuat Pemberdayaan Perempuan

Kamis, 22 Desember 2022 - 14:30 WIB
loading...
Hari Ibu, Serat Kartini Ganjar Perkuat Pemberdayaan Perempuan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberikan arahan secara virtual dalam peringatan Hari Ibu, Kamis (22/12). FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyerukan kepedulian terhadap perempuan lewat Gerakan Pria Peduli Perempuan dan Anak (Garpu Perak) dalam pengeringatan Hari Ibu yang jatuh pada hari ini, Kamis (22/12/2022).

Menurut Ganjar, isu perempuan dan anak mesti menjadi perhatian masyarakat. Sebab itu, Ganjar pun mengajak masyarakat mengkampanyekan aktivitas kebaikan pria kepada perempuan dan anak melalui Garpu Perak.

"Manfaatkan medsos untuk kampanyekan kebaikan. Kampanye laki-laki peduli perempuan dan anak itu penting," kata Ganjar dalam temu virtual Hari Ibu, Kamis (22/12/2022).



Ganjar mengatakan, gerakan ini terinspirasi dari aktivitasnya bersama sang istri, Siti Atiqoh Supriyanti. Ganjar bercerita, kala itu dia sedang membantu istrinya dengan cara menyetrika baju.

"Saya terbiasa melakukan pekerjaan itu. Tapi, ketika saya setrika, dan istri saya iseng-iseng merekam dan meng-upload ke medsos, ternyata reaksi masyarakat beragam," katanya.

Lebih lanjut, Ganjar pun berharap para pria merealisasikan He for She dalam aktivitas nyata lewat gerakan ini. Menurut Ganjar, ada banyak perhatian yang bisa diberikan para pria, salah satunya peduli ibu hamil.

"Bumil sehat menjadi sangat penting, sehingga stunting bisa kita bereskan, yang kurang gizi juga bisa kita bereskan, dan inilah masa depan anak-anak kita yang mesti kita siapkan dari sekarang," katanya.



Ganjar terus menjalankan program pemberdayaan ekonomi perempuan di Jateng. Salah satunya melalui Sekolah Cerdas Perempuan Masa Kini (Serat Kartini) yang mendorong sekitar 30 persen perempuan ada dalam sebuah kelompok yang dapat memengaruhi sebuah kebijakan.

Di bawah kepemimpinan Ganjar, Jateng menyandang predikat provinsi dengan kesetaraan gender terbaik di Indonesia melalui penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak secara empat kali berturut-turut.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)