Sukses Bangun SDM Lokal, Ganjar Antarkan Pelajar SMK Bekerja di Jepang

Kamis, 22 Desember 2022 - 10:30 WIB
loading...
Sukses Bangun SDM Lokal, Ganjar Antarkan Pelajar SMK Bekerja di Jepang
Gubernur Ganjar Pranowo dalam rangkaian kunjungan program SMKN Jateng, di Pati, Jawa Tengah. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sukses membangun Sumber Daya Manusia (SDM) lokal melalui Program SMKN Jawa Tengah (Jateng). Rafli Saputro (25), salah satu pelajar SMK berhasil bekerja di Jepang.

Awalnya, pria asal Kudus itu tak pernah berfikir bisa bekerja karena perekonomian keluarga belum dapat mengantarkan ke jenjang pendidikan. Namun, Rafli pun akhirnya punya harapan setelah berhasil diterima di sekolah gratia untuk siswa kurang mampu, SMKN Jateng Kampus Pati.

Bagi Rafli, SMKN Jateng adalah awal dari pengembaraan hidupnya di Negeri Sakura bermula. Rafli mengatakan, dirinya tak mungkin bisa seperti bekerja di Jepang jika tidak bersekolah di SMKN Jateng. "Sebuah sekolah yang dibangun Bapak Gubernur Ganjar Pranowo, yang khususnya untuk anak-anak dari keluarga tidak mampu seperti saya," ujarnya, seperti dikutip Rabu (21/12/2022).

"Tanpa sekolah ini mungkin saya hanya jadi kuli dengan gaji pas-pasan. Tapi alhamdulillah, di SMKN Jateng yang semua ada di sini, masa depan kami cerah," sambung Rafli.

Lihat Foto: Ganjar Pranowo Hadiri Rapat Kerja Nasional Kagama

Rafli mengaku tak pernah kesulitan mencari kerja, hingga kini bekerja di Jepang. Bahkan di usianya yang 25 tahun itu, Rafli telah menopang ekonomi keluarganya. Rafli pun menitipkan rindunya untuk orang tua tercinta dan teman-teman sekolahnya yang juga telah bekerja di berbagai perusahaan. Dia juga berterima kasih kepada Ganjar yang telah mendirikan program SMKN Jateng itu.

"Maturnuwunpak, sudah membuat sekolah yang mengubah hidup saya dan keluarga saya selamanya. Maturnuwun juga untuk bapak ibu guru SMK Jateng, panjenengan luar biasa," tutur Rafli.

Sumiyatun, ibu dari Rafli pun tak kuasa menahan haru ketika melihat nasib sang anak. Sumiyatun mengaku senang dan bahagia melihat Rafli bisa bekerja di Jepang serta membantu kedua orang tua.

"Sekarang kerja di Jepang, alhamdulillah tiap bulan kirim uang, sudah beli tanah dan renovasi rumah. Terharu, bangga, bersyukur nikmat. Sudah mengubah kondisi keluarga," ujarnya di Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kudus, Jateng.

Menurut Sumiyatun, SMKN Jateng adalah bukti bukti kepedulian Ganjar dalam bidang pendidikan. Bukan hanya sistem dan kurikulumnya, tapi juga memberi kesempatan bagi anak-anak kurang mampu untuk mendapatkan pendidikan gratis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3324 seconds (0.1#10.140)