Rupiah Melemah akibat Kepercayaan terhadap Jokowi Turun

Sabtu, 28 Maret 2015 - 23:44 WIB
Rupiah Melemah akibat Kepercayaan terhadap Jokowi Turun
Rupiah Melemah akibat Kepercayaan terhadap Jokowi Turun
A A A
JAKARTA - Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) beberapa waktu belakangan ini disinyalir akibat kepercayaan masyarakat terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) drop alias turun.

Seperti diketahui, nilai tukar mata uang Indonesia dalam beberapa bulan terakhir terus loyo. Bahkan, depresiasi tersebut hingga menyentuh level Rp13.200 per USD.

"Confidence terhadap pak Jokowi ini sudah menurun, sehingga orang memegang lebih banyak memegang dolar AS (USD)," ujar Ekonom Universitas Gajah Mada (UGM) Tony Prasetiono‎ kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (28/3/2015).

Dia mengungkapkan, dropnya kepercayaan masyarakat terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut lantaran sikapnya dalam menghadapi konflik yang terjadi antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri beberapa waktu lalu. Jokowi dinilai seakan membiarkan KPK dikriminalisasi sejumlah pihak.

"Perlu mengembalikan kepercayaan masyarakat ke pemerintah agar rupiah menguat, Jokowi harus tegas memberantas korupsi dan lainnya," tegas Tony.

Menurutnya, enam poin dalam paket kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk meredam gejolak nilai tukar tersebut tak akan bekerja dalam waktu yang relatif cepat.

"Kebijakan itu saja enggak cepat, ini jangka panjang efeknya. Rupiah pada tahun ini, sudah paling dalam pelemahannya dibandingkan mata uang lainnya," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0296 seconds (0.1#10.140)