Jelang Tahun Baru, Menhub Prediksi Lalin di Jalur Puncak Mulai Padat Malam Ini

Jum'at, 30 Desember 2022 - 15:11 WIB
loading...
Jelang Tahun Baru, Menhub Prediksi Lalin di Jalur Puncak Mulai Padat Malam Ini
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jelang perayaan malam tahun baru besok, lalu lintas (lalin) di jalur puncak Bogor, Jawa Barat, diprediksi akan mengalami kepadatan mulai malam ini.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat mendampingi Menteri Koordinator (Menko) bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meninjau penanganan arus lalu lintas kendaraan di Gadog, Puncak, Bogor, hari ini.

Menurut Menhub Budi, hari ini pergerakan kendaraan di kawasan Gadog relatif masih terkendalilantaranbelum mencapai puncaknya.

“Diprediksi akan mulai padat malam ini dan besok saat perayaan malam tahun baru. Untuk itu saya minta petugas selain melakukan pengendalian lalu lintas juga menjaga keamanan dan ketertibannya,” ujarnya, Jumat (30/12/2022).

Menhub meminta petugas kepolisian di lapangan untuk mengantisipasi terjadinya arus balik kendaraan dengan menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas yang diperlukan seperti: one way, contra flow, atau kebijakan diskresi lainnya yang menjadi kewenangan petugas kepolisian di lapangan. Selain itu, melakukan pengaturan di tempat istirahat (rest area) dan titik-titik lainnya yang berpotensi terjadi kepadatan.

“Saya juga mengingatkan kepada masyarakat tentang cuaca ekstrem yang terjadi di akhir tahun. Agar tetap waspada dan mengutamakan keselamatan,” pesan dia.



Pada kesempatan yang sama, Menko PMK mengatakan, pada tahun ini terjadi lonjakan pergerakan kendaraan sebesar 25% dibandingkan tahun lalu yang masih ada pembatasan perjalanan karena pandemi Covid-19.

“Saya meminta para pemilik bus, khususnya bus pariwisata agar memastikan busnya memenuhi aspek keselamatan. Tidak boleh ada bus wisata yang tidak layak dan dipaksakan jalan. Saya minta petugas di lapangan untuk mengawasi dengan baik,” tegasnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan di malam pergantian tahun di wilayah puncak Bogor, sejumlah antisipasi telah dilakukan petugas kepolisian.



Antara lain mengerahkan petugas kepolisian di sejumlah titik krusial di jalur puncak yang jumlahnya meningkat dibandingkan hari biasa dan menerapkan malam bebas kendaraan atau Car Free Night (CFN) pada saat malam tahun baru 2023 mulai Sabtu (31/12) pukul 18.00 WIB hingga Minggu, 1 Januari 2023 pukul 06.00 WIB.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)