Beboo Sukses Kembangkan Produk Bayi Melalui Online

Senin, 30 Maret 2015 - 21:40 WIB
Beboo Sukses Kembangkan Produk Bayi Melalui Online
Beboo Sukses Kembangkan Produk Bayi Melalui Online
A A A
Pertumbuhan keluarga baru di Tanah Air menjadi peluang besar bagi pelaku usaha untuk mengembangkan produk. Salah satunya dilakukan Syahrial Suryandana, pria asal Surabaya, Jawa Timur. Berawal dari menjual mainan bayi, dia sukses mengembangkan usaha dengan brand produk Beboo.

Brand Beboo saat ini memasarkan aksesoris bayi dari mulai lahir hingga usia 3 tahun. Semua produk berbahan berasal dasar kain, seperti baby herness, topi menyusui, dan gendongan bayi.

Syahrial menuturkan, bisnis yang dikembangkannya dimulai pada November 2011 dengan modal kain yang dirajut karyawan. Namun, karena sulit me-maintenance pekerja, dia kemudian menyerahkan pengerjaan terhadap jasa konveksi.

"Awalnya ada mesin, beli mesin, tapi maintain penjahit susah. Akhirnya pesan ke konveksi. Tapi desain semua dari kita termasuk label packaging," ujarnya kepada Sindonews di Surabaya, Senin (30/3/2015).

Dia menyebutkan, modal awal yang dikeluarkan untuk usaha Beboo Rp50 juta. "Karena produksi sendiri tambah Rp10 juta. Produksi pertama belum untung, lalu mengadakan promo lewat event dan ikut pameran bayi," katanya.

Syahrial mengakui mengembangkan bisnis tidak mudah. Omzet awal usahanya hanya sekitar Rp2 juta per bulan. Berkat keuletan dan kesabarannya, omzet Beboo kini semakin bertambah, mampu menyentuh angka Rp40 juta per bulan

"Range saat ini Rp30 juta-Rp40 juta. Kadang pernah Rp20 juta. Musim ramainya pada awal dan akhir tahun. Kalau lebaran agak susah. Pemasaran kita sudah mencakup lima pulau di Indonesia, serta Malaysia dan Filipina," ungkap wakil dari Surabaya dalam Gerakan Wirausaha Nasional Oneintwenty Movement ini.

Dia menuturkan, sasaran produknya adalah ibu muda yang baru berumah tangga. Pemasarannya melalui online (www.Bebooland.com). Selain praktis, konsumen tidak perlu lagi repot pergi ke outlet, cukup mencari produk yang disajikan di web.

"Target market ibu muda yang sibuk, tapi tidak mau bayinya diurus pihak ketiga. Lagian produk Beboo mudah penyimpanannya. Saya fokus online karena memang cakupannya lebih luas dan potensi bisnis online sangat besar," papar Syahrial.

Kendati lebih laris penjualan melalui online, dia tetap membuka toko. Perlengkapan bayi yang dijualnya mulai dari Rp157 ribu hingga Rp260 ribu. Termurah dari produk Beboo wrape, yakni topi khusus bagi ibu yang menyusui. Di mana topi tersebut dipakaikan ke bayinya.

Untuk pemasaran ke luar negeri, dia menggunakan jasa pengiriman melalui pos. Mimpi besarnya ke depan adalah dapat memperluas cakupan produk bayi dengan usia hingga 5 tahun
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5842 seconds (0.1#10.140)