Ganjar Pastikan Pasokan Logistik Aman Tidak Terganggu Cuaca Ekstrem

Senin, 02 Januari 2023 - 15:30 WIB
loading...
Ganjar Pastikan Pasokan Logistik Aman Tidak Terganggu Cuaca Ekstrem
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memastikan pasokan logitik aman di tengah cuaca ekstrem. FOTO/dok.Istimewa
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memastikan stok ketersediaan logistik beras di Jawa Tengah di tengah cuaca ekstrem. Ganjar menyebut distribusi pangan tetap lancar.

"Rata-rata karena persiapan logistik di kabupaten dan kota masih cukup, bahkan BULOG tadi menyampaikan cadangan beras pemerintah untuk kondisi seperti ini semua siap," kata Ganjar usai mengikuti rapat koordinasi penanganan bencana, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Senin (2/1/2023).



Untuk para pengungsi di beberapa daerah yang masih terdampak bencana banjir, Ganjar juga menjelaskan bahwa persediaan logistiknya aman dan siap didistribusikan ke pengungsi.

Ganjar mengatakan, perencanaan penanganan bencana, khususnya banjir yang melanda sejumlah daerah di Jawa Tengah telah dilakukan dan berjalan dengan lancar. Mulai dari koordinasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah di kabupaten dan kota.

Bahkan, pemerintah pusat melalui BNPB langsung menyalurkan bantuan tunai, bantuan sosial hingga bantuan peralatan siaga bencana ke Jawa Tengah.

"Bahkan tadi dapat bantuan (dari BNPB). Maka tidak ada alasan lagi kita kurang karena persiapan logistik di kabupaten kota masih cukup," ucap Ganjar.

Adapun bantuan diberikan untuk 13 kabupaten dan kota di Jawa Tengah yang menetapkan status tanggap darurat. BNPB menyerahkan bantuan tunai Rp250 juta kepada masing-masing kabupaten dan kota, dan juga bantuan logistik makanan seperti beras, mie dan gula senilai Rp100 juta. Lalu untuk Pemprov Jateng, BNPB memberikan bantuan Rp1 miliar untuk pengendalian banjir.



Lalu BNPB juga menyiapkan perahu karet, pompa penyedot air dan dapur lapangan untuk disiagakan di titik-titik banjir agar dapat dipergunakan oleh masyarakat. Dengan adanya bantuan-bantuan tersebut, Ganjar menegaskan bahwa kebutuhan logistik untuk beberapa hari ke depan terjamin, hanya butuh waktu untuk pendistribusiannya hingga sampai ke masyarakat.

"Sebenarnya semuanya sudah siap, tinggal dieksekusi dengan cepat. Sektor subsektornya mesti siap-siap, yang transportasi yang urus sungai, urus jalan, urus listrik termasuk BBM kita coba selesaikan. Maka ini cara-cara kita secara lengkap untuk membantu masyarakat," ujar Ganjar.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)