Kontrak Diperpanjang 20 Tahun, PetroChina Siap Optimalkan Produksi di Blok Jabung

Senin, 02 Januari 2023 - 21:21 WIB
loading...
Kontrak Diperpanjang 20 Tahun, PetroChina Siap Optimalkan Produksi di Blok Jabung
PetroChina International Jabung Ltd bakal melanjutkan pengembangan agresif di Wilayah Kerja (WK) Jabung usai mendapat perpanjangan kontrak 20 tahun. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PetroChina International Jabung Ltd bakal melanjutkan pengembangan agresif di Wilayah Kerja (WK) Jabung, provinsi Jambi. Komitmen tersebut menyusul perpanjangan kontrak blok migas tersebut dari pemerintah Indonesia hingga 20 tahun ke depan atau periode 2023-2043.

Setelah mendapat kepastian perpanjangan kontrak WK Jabung, PetroChina segera mengajukan program pengeboran di 11 sumur pengembangan. PetroChina juga menambahkan tiga program sumur pengembangan tahun ini, sehingga total pengeboran dilakukan di 14 lokasi.

Selain itu, PetroChina juga memulai uji coba lapangan untuk program CO2 Injection Huff & Puff di sumur Gemah 6, dan high performance water-based mud untuk sumur Gemah-69 dan Panen-D13.

“Selama 20 tahun ke depan, kami berkomitmen untuk melakukan berbagai program eksplorasi, pengembangan dan pemeliharaan fasilitas produksi,” ungkap Presiden Direktur PetroChina Qian Mingyang melalui keterangan tertulis, Senin (2/1/2023).

Dia menjelaskan, program pengembangan “Drilling Campaign 2022” di 14 lokasi dimulai 21 Januari dengan tajak pertama di sumur Panen-D10.

Selanjutnya, program yang sama dilaksanakan di empat sumur di Lapangan Panen, tujuh sumur di Lapangan Gemah, satu sumur di Lapangan West Betara, dan satu sumur di Lapangan Sabar.

Program pengeboran di sembilan sumur menghasilkan produksi awal sebanyak 4.091 barel minyak dan kondensat per hari, serta 28,6 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) gas mentah.

Lima sumur lain masih dalam tahap penyelesaian dan diperkirakan menghasilkan total produksi awal sebanyak 2.717 barel minyak dan kondensat per hari, serta 7,4 MMSCFD gas mentah.

Menurut Qian, hasil produksi awal yang menjanjikan itu membuktikan bahwa WK Jabung tetap potensial untuk dikembangkan ke depannya.

“PetroChina akan terus mencari kandidat sumur prospektif di area Jabung untuk program pengembangan tahun-tahun mendatang,” tandasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)