Optimis 2023 Trijaya FM, Pengusaha Pandu Sjahrir: Fokus pada Eksekusi

Sabtu, 07 Januari 2023 - 10:27 WIB
loading...
Optimis 2023 Trijaya FM, Pengusaha Pandu Sjahrir: Fokus pada Eksekusi
Direktur PT TBS Energi Utama Pandu Patria Sjahrir menyebarkan pesan Optimis 2023 di Radio MNC Trijaya. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Direktur PT TBS Energi Utama Pandu Patria Sjahrir menyebarkan pesan Optimis 2023 di Radio MNC Trijaya , dengan fokus pada eksekusi.

"Pada 2023, fokus kita hanya pada eksekusi, eksekusi, eksekusi pada 'game plan' yang ada," katanya dalam interview bersama penyiar MNC Trijaya Fadly Sungkara, Kamis (5/1/2023).

Pandu menegaskan pentingnya fokus pada usaha yang sudah dikerjakan, diiringi dengan eksekusi secara sangat bagus. "Jadi fokus dulu, sebagus-bagusnya, baru ketika menjadi 'expert' dan orang percaya pada barang yang kita jual, baru kita bisa lihat tambahan (usaha) lain. Tetapi fokus dulu," tambahnya.



Ketua Asosiasi Pertambangan Batubara tersebut turut membagikan pengalamannya saat anjloknya harga batubara pada tahun 2016, yang mencapai 50 dolar per ton, dibanding harga saat ini sekitar 300 dolar per ton.

"Saat itu kita harus melakukan perampingan, yang sangat sulit. Kita bikin keputusan, tak bisa lagi bergantung pada batubara, di situlah membangun pembangkit tenaga listrik, ya 'step-by-step'," kisahnya.

Tak ingin bergantung pada siapa pun, Pandu menekankan pada fokus, mulai dari batubara, lalu hilirisasi berupa pembangunan pembangkitan tenaga listrik, yang dapat dieksekusi secara bagus, kemudian pemanfaatan nikel.

"Kita lihat ke bawahnya lagi, ada motor listrik yang salah satu bisa mendekat dengan konsumen. Fokus pada pengolahan baterai. Kita belajar dari sekarang. Itu ide saat awal Pandemi Covid-19," cerita Pandu tentang perusahaan motor listrik Electrum, patungan PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

Melewati 2022, Pandu mengajak Pendengar Trijaya banyak bersyukur mencapai posisi saat ini sebagai sebuah negara, dan perlu menjaga optimisme pada tahun ini.



Memasuki 2023, Pandu memberikan inspirasi untuk setiap kalangan usia dengan tetap menjalani fokus. Umur 30 tahun ke bawah, fokuslah pada mencari talenta lalu kembangkan sebaik mungkin. Umur 40 tahun ke bawah, mulailah menjadi 'expert' pada bidang yang dikerjakan.

"Kalau sudah 40 tahun ke atas, inilah waktunya untuk memaksimalkan keahlian, dan membangun relasi yang baik. Karena setiap orang adalah 'brand', anda dikenal sebagai apa. Apa yang dibuat pada tahun 40 tahunan, akan melekat pada 20-30 tahun ke depan, sebagai individu maupun profesional," tutup Pandu.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2376 seconds (0.1#10.140)