Dimulai dari Sumbawa, Bapanas Dorong Pembangunan Pelabuhan di Sentra Produksi Pangan

Kamis, 12 Januari 2023 - 12:44 WIB
loading...
Dimulai dari Sumbawa, Bapanas Dorong Pembangunan Pelabuhan di Sentra Produksi Pangan
Peletakan batu pertama dalam rangka pembangunan Pelabuhan Teluk Santong di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Badan Pangan Nasional (Bapanas) atau National Food Agency (NFA) melakukan peletakan batu pertama dalam rangka pembangunan Pelabuhan Teluk Santong di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Keberadaan pelabuhan tersebut dalam rangka mendukung penguatan stabilitas stok dan harga pangan serta meningkatkan potensi dan daya saing komoditas pangan lokal.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, sarana pelabuhan yang tersedia di wilayah sentra produksi pangan memiliki peran yang sangat strategis dalam menjaga keterhubungan rantai pasok pangan antar wilayah.

Menurut dia, infrastruktur pelabuhan untuk pangan dapat berkontribusi mengurangi disparitas serta menjaga stabilisasi stok dan harga pangan secara merata.

“Selain itu, ketersediaan infrastruktur tersebut dapat mendukung peningkatan potensi pangan lokal. Kondisi itu diharapkan berdampak pada tumbuhnya kesejahteraan petani dan ekonomi daerah," ujarnya dikutip dari keterangan resmi, Kamis (12/1/2023).

Maka dari itu, Arief bersama Gubernur NTB, Tenaga Ahli Menteri Perhubungan, Bupati Sumbawa, dan Perwakilan Swasta, telah memulai inisiasi pembangunan infrastruktur pelabuhan di Teluk Santong.

"Pelabuhan ini nantinya akan menjadi pusat pendistribusian jagung yang diproduksi para petani di Sumbawa dan Dompu. Seperti kita ketahui NTB merupakan sentra produksi jagung nasional," tuturnya.

Dia menjelaskan, pelabuhan tersebut akan dilengkapi infrastruktur dermaga serta silo dengan kapasitas sekitar 30.000 ton untuk persiapan panen tahun berikutnya.

"Jadi di pelabuhan tersebut akan ada penyimpanan jagung, persiapan dermaga, untuk memobilisasi stok jagung dari Sumbawa dan Dompu, ini sangat penting karena Teluk Santong adanya di tengah sentra produksi jagung NTB," bebernya.

Arief meyakini, ketersediaan infrastruktur pelabuhan akan memperkuat ketersediaan dan stabilitas harga pangan di daerah khususnya daerah terluar dan wilayah perbatasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1798 seconds (0.1#10.140)