Program UMKM Naik Kelas Inisiasi Sandiaga Uno Sasar Warga Banyuwangi

Minggu, 15 Januari 2023 - 11:30 WIB
loading...
Program UMKM Naik Kelas Inisiasi Sandiaga Uno Sasar Warga Banyuwangi
Gemawira menggelar pemberdayaan UMKM membuat kerupuk dari Ikan Mernying. FOTO/dok.Istimewa
A A A
BANYUWANGI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terus mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) naik kelas di berbagai daerah. Kali ini program pelatihan membuat kerupuk dari ikan mernying diadakan di Banyuwangi.

"Pelaku ekonomi kreatif dapat memanfaatkan berbagai program UMKM tersebut untuk naik kelas, karena mereka mendapatkan bimbingan para pelaku usaha yang telah terlebih dahulu sukses," Ketua Gemawira Banyuwangi Zuhrol Baiti dalam rangkaian pelatihan kerupuk dari ikan mernying, di Kantor Desa Pesucen, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Minggu (15/1/2023).



Menurut dia program pelatihan dan pendampingan UMKM tersebut bertujuan membantu meningkatkan perekonomian. Adapun kegiatan ekonomi kreatif yang diinisasi Menparekraf Sandiaga Uno akan terus diupayakan untuk menciptakan lapangan kerja baru. Ia pun berharap peserta pelatihan dapat membuat produk brand lokal untuk menarik wisatawan.

"Saya berharap mereka dapat mengembangkan potensinya untuk mengkreasikan produk yang memiliki daya tarik wisatawan. Tak sampai disini pelaku usaha akan difasilitasi dalam segi pemasarannya untuk menciptakan lapangan kerja baru," tutur Zhurol.



Sementara , salah seorang peserta pelatihan Nurjanah mengaku terbantu adanya program peningkatkan kesejahteraan masyarakat tersebut. Setelah pelatihan tersebut, Nurjanah akan mengembangkan produk usaha. "Untuk tadi pelatihan dari ikan mernying ke depannya bisa menambah kreativitas kami akan menggunakan bahan lain dari kulit pisang, ini dapat menambah peluang usaha," tutup Nurjanah.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)