Indonesia Kantongi Komitmen Investasi Rp4.694 Triliun, Luhut: Mereka Terkagum-kagum

Selasa, 17 Januari 2023 - 19:43 WIB
loading...
Indonesia Kantongi Komitmen Investasi Rp4.694 Triliun, Luhut: Mereka Terkagum-kagum
Menko Luhut B. Pandjaitan mengatakan ajang G20 sukses datangkan komitmen investasi besar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan hasil yang luar biasa dari pertemuan antar-negera pada perhelatan G20 lalu. Dia mengatakan bahwa hasil yang didapatkan Indonesia pun melebihi ekspektasinya.



Indonesia mendapatkan komitmen investasi bilateral dan multilateral yang nilainya cukup fantastias, yakni mencapai USD309,4 miliar atau senilai kurang lebih Rp4.694 triliun (kurs Rp15.173).

"G20 ini, Bapak Ibu sekalian, di luar ekspektasi kita jujurnya," kata Luhut dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah se-Indonesia di Sentul City, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (17/1/2023).

Luhut mengatakan, dari hubungan bilateral, Indonesia mendapatkan kesepakatan 140 proyek senilai USD71,4 miliar dolar atau setara kurang lebih Rp1.083 triliun, sementara untuk hubungan multilateral senilai USD238 miliar atau setara kurang lebih Rp3.611 triliun dengan 226 proyek.

Capaian investasi itu disampaikan Luhut dalam pertemuan ajang ekonomi di Davos, Swiss. Dia menyampaikan bahwa kesuksesan Indonesia mendapatkan apresiasi dari para peserta di acara tersebut.

"Tadi malam saya sampaikan pada makan malam di Davos itu. Mereka semua terkagum-kagum," ujar Luhut.

Oleh karena itu, Luhut meminta kepada para pemangku kepentingan untuk bekerja sama untuk menuntaskan pekerjaan yang dapat membangun perekonomian Indonesia. Hal itu sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo.



"Presiden sudah memerintahkan untuk eksekusi untuk semua ini. Kita semua harus kompak," katanya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2244 seconds (0.1#10.140)