Bahlil Yakinkan Investor Bahwa Ekonomi RI Tumbuh Kuat di Tengah Ketidakpastian Global

Rabu, 18 Januari 2023 - 10:33 WIB
loading...
Bahlil Yakinkan Investor Bahwa Ekonomi RI Tumbuh Kuat di Tengah Ketidakpastian Global
Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia menyakinkan, investor bahwa ekonomi Indonesia masih akan tumbuh dan kuat meskipun di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi global. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menyakinkan, investor bahwa ekonomi Indonesia masih akan tumbuh dan kuat meskipun di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi global.Dia menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih mencapai 5,72% di kuartal ketiga tahun 2022 lalu.dan inflasi terjaga di bawah 6%.

Oleh karena itu, Bahlil mengundang investor ke Indonesia untuk datang membawa teknologi, modal, dan sebagian pasar.

"Meskipun kita bukan negara maju, namun bukan berarti kita ketinggalan untuk mendesain pertumbuhan ekonomi bangsa. Saat ini kita dorong hilirisasi sebagai suatu cara bagaimana mengelola sumber daya alam yang berorientasi pada SDGs (Sustainable Development Goals). Bukan hanya tentang lingkungan, tapi juga peningkatan kualitas hidup masyarakat setempat, penciptaan lapangan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi,” tegas Bahlil dalam sambutannya di sesi panel Indonesia Economic Outlook 2023, dilansir dari keterangan tertulis, Rabu (18/1/2023).

Di hadapan lebih dari 50 peserta diskusi dari berbagai negara, Bahlil juga menyatakan, bahwa Pemerintah Indonesia mengangkat tema hilirisasi yang berorientasi pada lingkungan, serta memfokuskan investasi untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan mengenai kekuatan Indonesia dalam memulihkan ekonomi pascapandemi adalah karena Indonesia mampu tetap menyeimbangkan aspek kesehatan tanpa mengorbankan aspek ekonomi.



Luhut juga menambahkan, bahwa di tengah ketidakpastian ekonomi global dan perlambatan ekonomi, Indonesia akan tetap tumbuh kuat dan pesat di tahun 2023. Jika Indonesia mampu menjaga kondisi ini 10 tahun mendatang, maka negara ini akan mampu mengatasi middle income trap.

“Kita mampu pulih dari pandemi dengan fundamental yang solid. Semua ini adalah karena kepemimpinan yang kuat dan mampu memberikan contoh yang baik serta didukung oleh tim yang solid,” ungkap Luhut.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)