Harga Minyak Dunia Naik Dipicu Konflik Timteng

Senin, 18 Mei 2015 - 10:33 WIB
Harga Minyak Dunia Naik Dipicu Konflik Timteng
Harga Minyak Dunia Naik Dipicu Konflik Timteng
A A A
SINGAPURA - Harga minyak dunia naik sedikit pada awal perdagangan hari ini di tengah kekhawatiran pasokan di Timur Tengah (Timteng), menyusul konflik di Irak dan Yaman di tengah tanda-tanda naiknya produksi Amerika Serikat (AS).

Minyak mentah AS bulan depan naik 11 sen menjadi USD59,80/barel pada pukul 0019 GMT. Sementara minyak Brent berjangka naik 9 sen menjadi USD66,90/barel.

Harga minyak didukung oleh kekhawatiran bahwa konflik di Irak serta serangan Saudi di Yaman dapat mengganggu produksi dan jalur distribusi.

Koalisi Arab yang dipimpin Saudi kembali melakukan serangan udara terhadap militan Yaman di Aden, pelabuhan dekat dengan rute kapal tanker minyak Timur Tengah ke Eropa setelah berakhirnya gencatan senjata selama lima hari.

Meskipun ada risiko di Timur Tengah, analis mengatakan bahwa pasar minyak tetap baik. Namun, banjir pasokan bisa memburuk jika produksi di Amerika Serikat berlanjut.

"Pasar mulai khawatir bahwa harga lebih dari USD60/barel akan mendorong produksi minyak AS," tulis ANZ seperti dilansir dari CNBC, Senin (18/5/2015).
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6754 seconds (0.1#10.140)