HT: Pengolahan Kakao dan Durian Sejahterakan Masyarakat

Rabu, 10 Juni 2015 - 16:38 WIB
HT: Pengolahan Kakao dan Durian Sejahterakan Masyarakat
HT: Pengolahan Kakao dan Durian Sejahterakan Masyarakat
A A A
KULONPROGO - Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) mengemukakan, potensi kakao dan durian di Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawag, Kulonprogo, dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi pengangguran. Caranya buah tersebut harus diolah menjadi produk bernilai.

“Jadi pengolahan itu harus di sini, agar dapat menampung pengangguran guna terwujud kesejahteraan masyarakat,” ujarnya saat melakukan Dialog Pancasila dengan warga di Desa Banjaroya, Kalibawang, Kulonprogo, DI Yogyakarta, Rabu (10/6/2015).

Untuk itu, lanjut HT, perlu dilakukan penelitian secara lebih menyeluruh. Bisa tidak buah itu dikembangkan lebih produktif dan hasilnya lebih baik. Termasuk menambah luasan lahan.“Tidak hanya menampung pengangguran, dan pajak, pendapatan desa juga akan meningkat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Banjaroya, Anton Supriyono mengungkapkan, Kakao yang ada masih sebatas dijual dalam kondisi buah kering. Belum ada investor yang masuk untuk menanamkan investasi. Sementara durian yang ada sudah dikenal di luar daerah sebagai komoditi unggulan. “Durian asli Kalibawang merupakan durian unggul,” tandas Anton.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5020 seconds (0.1#10.140)