Ekonomi RI Akan Terkena Dampak Sentimen Yunani

Senin, 06 Juli 2015 - 17:57 WIB
Ekonomi RI Akan Terkena Dampak Sentimen Yunani
Ekonomi RI Akan Terkena Dampak Sentimen Yunani
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, krisis di Yunani akan mempengaruhi stabilitas makro ekonomi Indonesia.

"Kalau dampak dari Yunani secara perdagangan, investasi sebetulnya tidak terlalu berpengaruh. Tapi memang yang ada adalah persepsi tentang stabilitas ekonomi makro. Itu yang akan terkena," kata dia di Jakarta, Senin (6/7/2015)

Agus mengatakan, jika ada isu atau keputusan yang berpengaruh kepada ekonomi global, akan langsung berdampak ke kondisi ekonomi dalam negeri.

"Kita tahu bahwa begitu ada keputusan atau kondisi risiko yang meningkat dari negara lain, langsung ada periode risk off and flight to quality. Seandainya risk off seperti sekarang, itu flight to quality lebih banyak ke Amerika Serikat dan Jepang. Yang kita lihat, akan berdampak ke negara-negara berkembang dan perlu waspada. Indonesia juga perlu waspada," tutur dia.

Dengan kondisi saat ini, BI melihat, akan ada tekanan terhadap pasar keuangan dan pasar modal. Namun demikian, Agus meyakini bahwa Indonesia bisa melewati fase ini.

"Untuk itu kami yakini, ini bisa kita lewati dengan baik karena yang penting kita harus jaga stabilitas ekonomi makro dan terus jaga komunikasi kita dengan yang lainnya," tandasnya.

(Baca: Menkeu Yunani Mundur dari Jabatan Pasca-Referendum)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2863 seconds (0.1#10.140)