PT KAI Gratiskan 113 Perjalanan Kereta

Minggu, 16 Agustus 2015 - 19:54 WIB
PT KAI Gratiskan 113 Perjalanan Kereta
PT KAI Gratiskan 113 Perjalanan Kereta
A A A
JAKARTA - Sebanyak 113 perjalanan kereta api (KA) lokal bersubsidi (PSO) akan digratiskan PT Kereta Api Indonesia (KAI), Senin (17/8/2015). Promo tersebut dilakukan PT KAI menyambut HUT ke-70 Republik Indonesia.

Mengusung tema 'Program Merdeka', penggratisan 113 perjalanan tersebut meliputi, 100 perjalanan pada lintas Jawa dan 13 perjalanan di lintas Sumatera untuk keberangkatan pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB dengan jumlah 24 rangkaian kereta yang diperkirakan mencapai puluhan ribu tiket.

Humas PT KAI Pusat, Agus Komarudin mengatakan, melalui program ini masyarakat nantinya tidak akan dibebankan satu sen pun bagi yang menikmati perjalanan menggunakan 113 kereta tersebut. Sedangkan bagi yang telah membeli tiket kereta lokal, lanjut Agus, PT KAI akan mengembalikan uang pembelian tiket di stasiun tujuan dari perjalanan KA lokal.

"Pengembalian tiket hanya bisa dilakukan pada tanggal 17 Agustus 2015 saja, lewat dari itu kami tidak melayani," ujar Agus, Minggu (16/8/2015).

Executif Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta, Apriyono Wedi Chresnanto mengatakan, dalam program ini Daop 1 telah menyiapkan 23.055 tiket gratis pada perjalanan tiga KA Lokal, yaitu KA Cepat Rangkas, perjalanan Stasiun Angke - Rangkasbitung (pulang pergi) dengan 12 kali perjalanan untuk jumlah tiket gratis 13.356.

KA Patas Merak, perjalanan Merak-Angke (pulang pergi) dengan tiga kali perjalanan jumlah tiket gratis 3.339 tiket. Dan terakhir, KA Patas Purwakarta, perjalanan Stasiun Jakarta Kota - Purwakarta (pulang pergi) dengan perjalanan 5 kali dengan jumlah 6.360 tiket.

Meski demikian, mengantisipasi program itu tidak mengganggu kenyamanan penumpang, Apriyono melanjutkan, pihaknya tetap melakukan pembatasan kepada tiket gratis, yaitu hanya 150% okupansi setiap perjalanan kereta.

"Artinya, ketika tiket sudah mencapai okupansi 150%, maka penjualan dihentikan. Jadi semua KA tetap berjalan seperti biasa sesuai grafik perjalanan KA yang berlaku," beber Apriyono.

Belakangan pemberian tiket gratis juga tak hanya dilakukan di 113 perjalanan KA lokal bersubsidi (PSO). Melalui dua anak perusahaannya, yaitu, PT Kereta Commuter Jakarta (KCJ) dan PT Railink, program promo dengan tema yang sama tapi beda harga juga dilakukan.

Asisten Manager Humas PT KCJ, Adli Hakim menerangkan program gratis ini dilakukan untuk semua pengguna Kaltu Multi Trip (KMT) dan pengguna Tiket Harian Berjamin (THB). Untuk teknis perjalanan gratis ini, mereka tidak membuka pintu stasiun yang ada secara terbuka.

"Mekanismenya sama saja, yang membedakan hanya pada sistemnya, THB berlaku pada pembelian di loket, sedangkan KMT terjadi pada saat pengguna masuk stasiun," ungkap Adli.

Meski demikian, lanjut Adli, program perjalanan gratis tidak berlaku pasa pengguna uang elektronik (BNI Tap Cash, Brizzi dari BRI, E-Money Mandiri, dan Flazz BCA). Pengguna KRL yang menggunakan uang elektroknik hanya dibebankan membayar tarif KRL semua perjalan sebesar Rp1.

"Sistem bank tidak bisa menggunakan Rp0, karena itu pengguna e-money hanya dibebankan bayar Rp1," jelasnya.

Sementara itu, untuk PT Railink, pengguna Kereta Api Bandara Kualanamu - Medan, PT KAI tidak memberikan perjalanan gratis. Khusus untuk perjalanan ini, PT KAI hanya memberikan promo diskon tiket sebesar 70% kepada pelanggan KA Bandara Kualanamu selama 15 hari terhitung tanggal 17 Agustus 2015-31 Agustus 2015. Pelanggan yang berhak mendapatkan diskon di perjalanan ini, adalah mereka yang berulang tahun pada Agustus.

"Promo ini berlaku untuk para calon penumpang KA bandara dengan melakukan pembelian langsung di counter tiket Stasiun KA Bandara Medan (CRS) dan Stasiun KA Bandara (ARS) dengan melampirkan fotokopi kartu identitas yang masih berlaku," tandas Agus.

Daftar Kereta Api Promo HUT Kemerdakaan RI Ke-70

1 KA Batara Kresna, Wonogiri - Purwosari, 3 perjalanan
2 KA Jenggala, Mojokerto - Sidoarjo, 9 perjalanan
3 KA Cepat Rangkas, Angke - Rangkasbitung, 12 perjalanan
4 KA Patas Merak, Merak - Angke, 3 perjalanan
5 KA Patas Purwakarta, Jakarta Kota - Purwakarta, 5 perjalanan
6 KA Bandung Raya, Cicalengka - Padalarang, 19 perjalanan
7 KA Cibatuan, Purwakarta - Cibatu, 2 pejalanan
8 KA Sriwedari, Solo Balapan -Yogyakarta, - 15 perjalanan
9 KA Prameks, Kutoarjo - Yogya - Solobalapan, 5 perjalanan
10 KA Prameks, Solo Balapan - Yogya, 6 perjalanan
11 KA Kalijaga, Semarang Poncol -Purwosari, 3 perjalanan
12 KA Dhoho, Blitar - Kertosono - Surabaya Kota, 10 perjalanan
13 KA Penataran, Blitar - Surabaya Kota, 6 perjalanan
14 KA KRD, Sidoarjo- Surabaya Pasar Turi - Bojonegoro, 4 perjalanan
15 KA KRD, Surabaya - Kertosono, 2 perjalanan
16 Komuter, Surabaya - Porong, 2 perjalanan
17 KA Sulam, Surabaya Pasar Turi -Lamongan, 1 perjalanan
18 KA Probowangi, Banyuwangi - Surabaya Kota, 2 perjalanan
19 KA Pandanwangi, Banyuwangi - Jember - Surabaya, 2 perjalanan
20 KA Siantar Ekspres, Siantar - Medan, 2 perjalanan
21 KA Sibinuang, Padang Pariaman - Padang, 6 perjalanan
22 KA Seminung, Kotabumi - Tanjungkarang, 2 perjalanan
23 KA Way Umpu, Kotabumi - Tanjungkarang, 2 perjalanan
24 KA Kertalaya, Indralaya - Kertapati, 1 perjalanan

Baca juga:

Ini Asumsi Dasar Ekonomi Makro RI

Pelaku Pasar Cium Aroma Tak Sedap dari Reshuffle

Perbaikan Ekonomi Tergantung Kecepatan Aksi Menteri Baru
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5630 seconds (0.1#10.140)