HT: Pembangunan RI Cenderung Fokus Menengah Atas

Selasa, 06 Oktober 2015 - 15:59 WIB
HT: Pembangunan RI Cenderung Fokus Menengah Atas
HT: Pembangunan RI Cenderung Fokus Menengah Atas
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) menilai, pembangunan ekonomi Indonesia selama ini cenderung lebih fokus pada masyarakat menengah ke atas. Hal ini bahkan terjadi sejak masa Orde Baru 1990-an.

Dia mengatakan, kondisi ini justru menjadikan kesenjangan sosial di Tanah Air semakin melebar. Sebab, fokus pemerintah kepada masyarakat menengah atas dengan proyek-proyek besarnya tersebut membuat masyarakat di tatanan bawah selalu ketinggalan.

"‎Pembangunan ekonomi Indonesia lebih cenderung ke masyarakat menengah ke atas sejak Orde Baru. Karena sering fokus ke proyek besar, sehingga kesenjangan sosial sangat besar. Masyarakat di tatanan bawah selalu ketinggalan. Apalagi dengan kondisi kita saat ini makin kelihatan sekali," katanya dalam acara Rembuk Ekonomi Nasional HUT ke-1 Partai Perindo di XXI Club, Jakarta, Selasa (6/10/2015).

CEO MNC Group ini menuturkan, kesenjangan sosial tersebut makin kentara saat kondisi ekonomi memburuk seperti saat ini. Untuk itu, saatnya semua pihak mencari solusi dengan lebih seksama bagaimana ekonomi Indonesia lebih maksimal.

"‎Karena sebelum kejadian ekonomi melemah, kita juga banyak kontradiksi. Laut paling besar kita impor garam. Tanah subur tapi kita tidak swasembada," imbuh dia.

Menurutnya, pemerintah sudah saatnya memperhatikan masyarakat kalangan bawah khususnya para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Karena yang mereka butuhkan kini hanyalah modal murah, pelatihan dan proteksi.

"‎Supaya mereka bisa tumbuh lebih cepat. Petani masalahnya lahan, akses modal. Kalau enggak punya modal, selalu berhubungan dengan tengkulak. Nelayan juga kondisinya sama," tandasnya.

Baca JUga:

HUT Ke-1, Partai Perindo Gelar Rembuk Ekonomi
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6197 seconds (0.1#10.140)