Pasokan Meningkat, Harga Minyak Dunia Kembali Jatuh

Selasa, 02 Februari 2016 - 08:38 WIB
Pasokan Meningkat, Harga Minyak Dunia Kembali Jatuh
Pasokan Meningkat, Harga Minyak Dunia Kembali Jatuh
A A A
SINGAPURA - Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) di perdagangan Asia hari ini jatuh, karena adanya kekhawatiran terkait kesehatan ekonomi China sebagai konsumen energi cukup besar dan meningkatnya pasokan minyak yang telah membebani pasar.

Seperti dikutip dari Reuters, Selasa (2/2/2016) harga minyak mentah WTI untuk kontrak bulan depan turun 28 sen menjadi USD31,34 pada pukul 00.10 GMT, setelah pada sesi sebelumnya jatuh USD2 atau 5,9%.

Harga minyak kemarin membukukan kerugian harian terbesar dalam lima bulan, atau jatuh 6,9% ke level intraday low menjadi USD31,29 meskipun masih hampir 20% di atas titik terendah lebih dari 12 tahun di posisi USD26,19 pada pertengahan Januari.

ANZ dalam catatannya mengatakan, harga minyak mentah jatuh setelah indeks pembelian manajer China pada Januari turun ke level terendah dalam tiga tahun, ditambah dengan meningkatnya pasokan minyak.

"Meningkatnya pasokan juga menunjukkan risiko downside lebih lanjut untuk harga jangka pendek. Produksi dari OPEC naik menjadi 33,1 juta barel per hari setelah pada bulan lalu Indonesia kembali aktif menjadi anggota OPEC," jelasnya.

Sementara, investor menunggu data ekonomi dari zona euro, termasuk angka pengangguran dan harga produsen, untuk memberikan arah pasar minyak lebih lanjut.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4212 seconds (0.1#10.140)