Ekonom Nilai Indonesia Tonggak Utama MEA

Kamis, 12 Mei 2016 - 20:32 WIB
Ekonom Nilai Indonesia Tonggak Utama MEA
Ekonom Nilai Indonesia Tonggak Utama MEA
A A A
JAKARTA - Ekonom HSBC Su Sian Liam mengatakan, Indonesia merupakan tonggak utama atas diselenggarakannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Fungsinya untuk memberikan kontribusi terhadap tujuan kemakmuran semua negara kawasan.

"MEA membuka kesempatan bagi dunia usaha di seluruh wilayah untuk saling berjejaring, dan menuai keuntungan. Penting untuk memanfaatkan potensi besar ini," ujarnya di Jakarta, Kamis (12/5/2016).

Meski demikian, belum pulihnya perekonomian China akan tetap memengaruhi prospek pertumbuhan ekonomi di wilayah Asia Tenggara. Sebab, turunnya permintaan ekspor dan investasi yang menurun.

Menurutnya, reformasi struktural menjadi hal penting dalam menghadapi era MEA, misalnya stimulus kemudahan di sektor investasi. Sehingga, investor juga tidak akan ragu untuk menanamkan modalnya di dalam negeri.

"Banyak langkah dan peraturan konkret yang dibutuhkan untuk memastikan bahwa birokrasi dan regulasi yang ada tidak menghambat bisnis," katanya.

Sementara, Country Manager & Chief Executive HSBC Indonesia Sumit Dutta mengungkapkan, Asia Tenggara hingga saat ini masih menjadi wilayah paling dinamis dan berkembang pesat. Terutama Indonesia yang merupakan kekuatan dominan dengan kontribusi 35% dari total produk domestik bruto (PDB) ASEAN.

"Indonesia bisa memainkan peran penting dalam liberalisasi arus barang, jasa, modal dan ujung-ujungnya untuk meningkatkan daya saing," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8973 seconds (0.1#10.140)